Dark/Light Mode

5 Ciri Ortu Dewasa Secara Emosional, Nomor 1 Penuh Kasih Sayang

Sabtu, 3 Februari 2024 09:11 WIB
Ilustrasi orang tua mengasuh anak (Foto: Istimewa)
Ilustrasi orang tua mengasuh anak (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bilangan angka yang lebih banyak, tak menjamin orang tua bisa lebih bijaksana dan dewasa secara emosional.

Terkait hal ini, Child Psychologist, Self Growth & Parenting Coach Irma Gustiana A mengaku kerap menemukan orang tua yang masih cenderung "kekanak-kanakan" dan menggunakan cara-cara tidak dewasa dalam proses pengasuhan. Sehingga, menyisakan sayatan luka emosional dalam batin anak.

Menurutnya, keterampilan pengasuhan membutuhkan pemahaman dan penerimaan yang luas tentang "anak" sebagai manusia yang unik dan terus berkembang. "Sebab, salah satu tugas penting orang tua adalah mengembangkan potensi optimal anak, sehingga bisa survive," kata Irma.

Baca juga : DPN Beta Gibran Buka Suara Soal Billboard Do Kyungsoo Di Subang

Karena itu, Irma memandang, orang tua perlu memiliki keterampilan dan personal traits yang mendukung, agar anak dapat berkarakter kuat.

Berikut 5 ciri orang tua yang memiliki kedewasaan emosional, seperti disampaikan Irma via laman Instagramnya:

1. Penuh Kasih Sayang

Orang tua yang matang secara emosional, mampu memberikan kasih sayang tanpa syarat. Mereka memahami pentingnya mengungkapkan cinta dan perhatian, dengan cara yang diinginkan dan dibutuhkan oleh anak- anaknya.

2. Bertanggung Jawab

Baca juga : Dilaporkan Sekarga Ke Bareskrim Polri, Dirut Garuda Kasih Penjelasan Begini

Orang tua yang dewasa secara emosional, tak hanya mampu memenuhi kebutuhan dasar anak. Tetapi juga bisa menata dan mengembalikan situasi, setelah ada hal yang menyebabkan luka dalam hubungan.

"Mereka mau meminta maaf dan berusaha berbuat lebih baik," ujar Irma.

3. Aman

Orang tua yang matang secara emosional percaya, mereka layak dan mampu memberikan rasa aman. Mereka juga tidak merasa terancam oleh kegagalan atau adanya tantangan yang dialami anak-anaknya.

4. Rendah Hati

Baca juga : 6 Desa Terbaik Nasional Terima Apresiasi KIP dari Wapres

Orang tua yang matang secara emosional tidak berpikir bahwa mereka paling tahu segalanya. Atau, selalu merasa bahwa caranya lah yang terbaik.

Mereka bisa belajar dari kesalahan di masa lalu, dan mau untuk terus tumbuh dan belajar.

5. Fleksibel

Orang tua yang matang secara emosional, tidak perlu selalu memegang kendali. Mereka bisa menyesuaikan diri dengan kebutuhan anak- anak dan orang lainnya di lingkungan sekitar.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.