Dark/Light Mode

Man City Juara Piala Super UEFA, Pep Ukir Sejarah

Kamis, 17 Agustus 2023 05:33 WIB
Para pemain Man City dengan rofi Piala Super Eropa 2023 usai menang atas Sevilla, Kamis (17/8) dini hari tadi WIB. (Foto : Skyport)
Para pemain Man City dengan rofi Piala Super Eropa 2023 usai menang atas Sevilla, Kamis (17/8) dini hari tadi WIB. (Foto : Skyport)

RM.id  Rakyat Merdeka - Baru saja musim Liga Inggris dimulai, Manchester City sudah menunjukkan taringnya dengan menjuarai Piala Super UEFA (Eropa) 2023/24.

Anak asuh Pep Guardila juara setelah menang adu penalti 5-4 atas Sevilla yang digelar di Stadion Karaiskakis, Yunani, pada Kamis (17/8) dini hari WIB.

Sebelumnya, kedua tim bermain imbang 1-1 selama 90 menit waktu normal hingga pemenangnya harus ditentukan lewat tos-tosan.

Baca juga : Lawan Persija, Mihail Siap Ukir Sejarah

Sevilla berhasil unggul terlebih dahulu berkat gol Youssef En-Nesyri sebelum Cole Palmer menyamakan kedudukan untuk City.

Ini merupakan Piala Super UEFA pertama bagi Manchester City, melanjutkan prestasi mereka meraih treble musim lalu.

Sementara itu, Pep Guardiola menjadi pelatih pertama yang mampu menjuarai trofi ini dengan tiga klub berbeda.

Baca juga : Kalau JIS Dipakai Piala Dunia U-17, Semua Happy

Pertama, Guardiola berhasil meraih trofi ini dua kali bersama Barcelona pada 2009 dan 2011. Kedua, dia kemudian merengkuhnya bersama Bayern Muenchen pada 2013 dan sekarang mengantar City menjadi juara pada 2023.

"Itu pertandingan yang sulit, tapi saya pikir para pemain tampil bagus dan kami hanya perlu sedikit lebih rapih di depan gawang," kata kapten Man City, Kyle Walker kepada Skysport.

“Kami menyelesaikan pada akhirnya dan melakukan apa yang perlu kami lakukan, yaitu memenangkan Piala Super," tambahnya.

Baca juga : Relawan Sintawati Gelar Medical Check Up dan Pembagian Sembako Di Jakarta

Manchester City menjadi tim Inggris keenam yang berbeda yang memenangkan Piala Super Eropa/UEFA - ini adalah tim terbanyak dari negara tertentu yang mengangkat trofi. Lainnya Aston Villa, Chelsea, Liverpool, Manchester United dan Nottingham Forest).

Sepuluh dari 11 Piala Super UEFA terakhir telah dimenangkan oleh pemenang Liga Champions musim sebelumnya, dengan pemegang Liga Champions juga memenangkan keempat adu penalti dalam kompetisi tersebut.

Cole Palmer dari Man City menjadi pemain kedua yang mencetak gol di Community Shield Inggris dan Piala Super UEFA pada tahun yang sama, setelah Michael Owen pada tahun 2001. Dia juga orang Inggris pertama yang mencetak gol di Piala Super sejak Gary Cahill pada tahun 2012.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.