Dark/Light Mode

Dorong Generasi Muda Lebih Kritis Dan Proaktif Di Era Globalisasi

TEDxSampoernaUniversity Keempat Digelar

Kamis, 4 April 2024 15:45 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Sampoerna University sebagai institusi pendidikan kelas dunia, bersama Badan Eksekutif Mahasiswa KM melanjutkan komitmennya untuk berkontribusi dalam membangun generasi masa depan dengan kembali menggelar TEDxSampoernaUniversity yang diselenggarakan di Teater Wahyu Sihombing, Taman Ismail Marzuki.

Gelaran keempat ini mengusung tema “Status Quo” dengan menghadirkan tujuh pembicara dan profesional yang menginspirasi dengan berbagai subtema dan dari berbagai aspek, di antaranya pendidikan, bisnis, media sosial & kreasi konten, ilmu sosial, blockchain dan kripto, isu publik serta seni.

Salah satu pembicara yang hadir dalam acara ini adalah Fathia Fairuza selaku Founder Shape Your Life ID.

Dalam materi yang disampaikan, Fathia mengangkat tema pendidikan berdasarkan pengalaman pribadinya dengan topik ‘Education Beyond Privileged’.

Tema ini disampaikan bertujuan untuk mendorong generasi muda memiliki ambisi dalam mengejar mimpi melalui pendidikan meskipun tanpa privileged.

“Apa pun dan dari mana pun background kita berasal, jangan takut untuk bermimpi menempuh pendidikan setinggi mungkin," ujarnya. 

Baca juga : Sampoerna University Perkenalkan Integrasi AI Dalam Pendidikan

Dia merasa orang di sekitarnya masih banyak yang tidak berani bermimpi dan berkompetisi karena banyak anggapan bahwa pendidikan tinggi hanya bisa ditempuh jika memiliki privileged, misalnya berasal dari kalangan atas.

Padahal justru seharusnya kita yang membangun privileged tersebut melalui pendidikan.

"Saya berharap melalui topik yang saya bawakan, generasi muda bisa terinspirasi, dan mulai untuk mempunyai mimpi besar, serta semakin menyadari bahwa pendidikan bisa mengubah hidup seseorang,” ungkap Fathia.

Pada sesi lain, Kristi Ardiana selaku CEO Eduquip Education membahas tema Social Science dengan topik ‘Words that Build, not Crumble’.

Tema ini dipilih untuk meningkatkan pemahaman bahwa dialog konstruktif sangat diperlukan dalam menyelesaikan suatu konflik.

Dalam konteks dunia yang sekarang, ketika semakin banyak informasi dan misinformation atau hoax, penting bagi kita untuk bisa berdiskusi dengan baik, apalagi kita berada di negara demokrasi yang penuh dengan perbedaan.

Baca juga : Asandra Salsabila Gelar Startup Fest Dan Networking Night Di Malang

"Dengan banyaknya informasi yang masuk, kita harus memiliki kapasitas untuk bisa menyaring informasi yang baik," tuturnya. 

Acara ini penting sekali, karena menurut Kristi, Indonesia krisis platform diskusi, sementara generasi muda merupakan generasi yang paling punya banyak ide.

"Semoga ke depannya semakin banyak diskusi seperti TEDx yang membuat generasi muda tidak hanya termotivasi, tetapi juga tergerak untuk mengambil langkah selanjutnya,” jelas Kristi.

TEDxSampoernaUniversity 2024 menjadi gelaran tahun keempat yang diselenggarakan BEM KM Sampoerna University yang ditujukan untuk menginspirasi dan memberikan wawasan bagi generasi muda untuk dapat tergerak dan menemukan solusi dalam berbagai tantangan di masa depan.

Selain itu, kegiatan ini juga dijadikan sebagai wadah bagi para peserta didik Sampoerna University dalam mengembangkan dan mengaplikasikan berbagai kompetensi soft skills yang mereka miliki.

Mulai dari pemikiran kritis, kreativitas, kepemimpinan, komunikasi efektif, hingga kolaborasi yang pada akhirnya dapat mendukung generasi muda ini untuk lebih mudah masuk ke industri atau dunia kerja.

Baca juga : Asosiasi Ahli Emisi Karbon Indonesia Resmi Diluncurkan

“Kami ucapkan selamat kepada BEM KM Sampoerna University atas terselenggaranya acara ini," ucapnya.

Dia mengaku bangga dan mengapresiasi segala usaha serta upaya setiap individu yang terlibat, sehingga acara ini berlangsung dengan baik.

"Kami berharap, acara ini dapat terus menginspirasi lebih banyak lagi generasi muda, untuk bisa memberikan kontribusinya kepada dunia,” tutup Marshall Schott, President Sampoerna University.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.