Dark/Light Mode

Cara Menjaga Kesehatan Jiwa Raga yang Prima Bersama Falun Dafa

Jumat, 7 Juni 2024 18:17 WIB
Cara Menjaga Kesehatan Jiwa Raga yang Prima Bersama Falun Dafa

RM.id  Rakyat Merdeka - Kita hidup di zaman di mana teknologi, inovasi, dan perubahan sosial mempengaruhi kehidupan secara menyeluruh. Ini menuntut kita beradaptasi dan terus berinovasi, namun terkadang hal itu mendatangkan tekanan pada pikiran dan ketenangan batin.

Mencari jawaban atas tantangan kehidupan, banyak orang mencari cara meningkatkan suasana hati dan kesehatan dengan cara bermeditasi.

Deborah Collins-Perrica APRN, seorang spesialis perawat klinis psikiatri bersertifikat di Hartford, Connecticut USA, mengatakan meditasi tradisional sejatinya terhubung dengan pikiran, tubuh, dan spiritual.

"Jika pikiran Anda dipenuhi kemarahan dan kebencian, perkelahian dan perdebatan sepanjang waktu, dan bersaing dengan orang lain dalam keegoisan, Anda tidak akan bisa tidur nyenyak. Anda tidak akan memiliki hubungan yang baik. Anda bahkan tidak bisa memiliki tubuh yang sehat," kata Deborah, yang memiliki pengalaman lebih dari 15 tahun dalam mengobati penyakit mental.

Ia mencontohkan salah satu pasiennya, seorang pilot tempur di Angkatan Udara Amerika Serikat, yang terpapar bahan kimia selama peperangan, dan beberapa tahun kemudian didiagnosis menderita multiple sclerosis (MS).

"Diagnosisnya tidak terbantahkan. Semua hasil tes menunjukkan hasil yang positif," kata Deborah.

Pasien ini menemui banyak ahli saraf, dan mereka semua mengatakan kepadanya bahwa penyakitnya progresif. Mereka mengatakan kepadanya bahwa penyakitnya akan bertambah parah dan akhirnya dia mungkin akan lumpuh total dan terbaring di tempat tidur.

Multiple Sclerosis sendiri adalah penyakit yang mempengaruhi sistem saraf pusat, menyebabkan gejala yang tidak dapat diprediksi seperti mati rasa, kesemutan, perubahan suasana hati, masalah ingatan, rasa sakit, dan kadang-kadang bahkan kebutaan dan kelumpuhan.

Baca juga : Mengasah Ide Mencipta Kemasan Yang Ramah Lingkungan Mudah Terurai

Kemudian, Deborah memperkenalkan sang pasien pada Falun Dafa, sebuah metode kultivasi jiwa dan raga yang terdiri dari latihan lima perangkat gerakan, termasuk meditasi. Selain berlatih gerakan, Falun Dafa juga mendorong para praktisi untuk berusaha menyelaraskan hidup mereka dengan tiga prinsip: Sejati-Baik-Sabar.

Pasiennya ini pada awalnya skeptis, tetapi menyadari bahwa latihan ini berbeda dengan teknik relaksasi yang pernah ia pelajari sebelumnya. Dia mengikuti petunjuk gerakan latihan yang tersedia di situs web Falun Dafa, dan mulai berlatih setiap hari. Dalam bermeditasi, perlahan-lahan ia bisa duduk lebih lama, dan akhirnya bisa duduk dengan posisi bersila ganda. Sekitar setahun kemudian, dia kembali ke spesialis MS, yang bingung dengan kondisi kesehatannya saat ini. Kesehatannya yang diprediksi akan memburuk, justru malah membaik, kata Deborah. Hal ini terjadi empat atau lima tahun yang lalu. Dia sekarang bekerja penuh waktu.

"Dia sangat bahagia. Dia penuh energi. Dan dia sangat sehat," tambah Deborah.

Melihat ke dalam diri sendiri, sebuah prinsip dari Falun Dafa, adalah sesuatu yang dibicarakan Deborah dengan pasiennya setiap hari. Kultivasi unik dari Falun Dafa mengolah jiwa dan raga; kultivasi raga dengan lima perangkat latihan dan kultivasi jiwa dengan berlatih Sejati-Baik-Sabar di kehidupan sehari-hari.

"Ini adalah tentang-apa yang terjadi di dalam pikiran. Apa yang terjadi di dalam tubuh Anda. Dapatkah Anda melihat ke dalam? Atau dapatkah Anda belajar untuk melihat ke dalam? Ketika Anda melakukannya, secara alami Anda akan menemukan bagian dari diri Anda akan benar-benar ingin menjadi baik, jujur, serta ingin memegang nilai-nilai ini,” ujarnya.

Tentang Falun Dafa

 

 

Falun Dafa (Falun Gong) adalah latihan olah jiwa dan raga yang berakar pada nilai-nilai tradisional, menekankan pada peningkatan diri melalui pembelajaran, serta lima perangkat latihan yang lembut termasuk meditasi. Buku utamanya Zhuan Falun memberikan bimbingan untuk meningkatan diri, menjelaskan tentang asal muasal karma penyakit, mengupas rahasia alam semesta, ruang dan waktu yang berkaitan dengan kehidupan manusia.

Baca juga : Laga Persahabatan: Tiga Singa Ngamuk, Jerman Belum Panas

Latihan ini menjalankan prinsip-prinsip Sejati, Baik, dan Sabar, serta mengajak kita untuk melepaskan kebiasaan yang tidak sehat, seperti menginginkan ketenaran, kesombongan, dan merugikan orang lain.

Latihan ini diperkenalkan kepada publik pada tahun 1992 oleh Master Li Hongzhi di Changchun, di Provinsi Jilin, Tiongkok timur laut. Dalam waktu enam tahun, sumber-sumber pemerintah China melaporkan bahwa 70 juta hingga 100 juta orang berlatih.

Pemimpin Partai Komunis China saat itu, Jiang Zemin, melihat popularitas Falun Gong yang luar biasa sebagai ancaman bagi ideologi ateis. Pada tahun 1999, jumlah praktisinya telah melampaui total keanggotaan Partai Komunis China, termasuk para pejabat tinggi dan anggota keluarganya.

Pada Juli 1999, Jiang meluncurkan kampanye nasional untuk melarang Falun Gong, memobilisasi seluruh aparat keamanan negara untuk mencari dan menahan para praktisi, dan mengambil organ praktisi Falun Gong hidup-hidup untuk diperdagangkan sebagai cangkok organ bagi pasien-pasien yang datang ke China. Jiang membentuk pasukan polisi rahasia Gestapo yang disebut Kantor 610, yang diberi wewenang tak terbatas melakukan penganiayaan. Meski ditindas dan difitnah di China, latihan ini tetap populer di seluruh dunia dan sudah dilatih ke lebih dari 100 negara, termasuk Indonesia.

Lima Perangkat Latihan Gerakan Falun Dafa

Gerakan pertama yakni Fozhan Qianshou Fa :
Gerakan ini membuka saluran energi seluruh tubuh, menciptakan energi yang kuat.

Gerakan kedua Falun Zhuang Fa atau Metode Berdiri Memancang
yakni memperkuat energi, menumbuhkan kebijakan dan menaikkan tingkatan.

Gerakan ketiga Guantong Liangji Fa atau Metode Menghubungkan Kedua Kutub 
Latihan ini untuk memurnikan tubuh dengan pertukaran energi dari kedua kutub alam semesta.

Gerakan keempat Falun Zhoutian Fa atau Metode Lingkaran Langit Falun.
Latihan ini membuat sirkulasi energi yang menyeluruh di sekujur tubuh serta memperbaiki kondisi yang tak normal.

Baca juga : Sejalan Konstitusi, Retno Dukung Prabowo Kirim Pasukan Perdamaian Ke Gaza

Gerakan Kelima Shentong Jiachi Fa atau Metode Memperkuat Kuasa Supernatural.
Yakni, berupa meditasi untuk memperkuat energi serta memurnikan tubuh dan pikiran.

Apa yang Didapatkan Setelah Berlatih Falun Data

 

 

Satya Narayana adalah seorang guru Sekolah Menengah Atas di Bali. Sejak kecil ia menderita penyakit gangguan pernapasan, tubuhnya sangat lemah dan rentan terhadap penyakit. Ia menemukan secercah harapan, setelah ayahnya memperkenalkan latihan Falun Dafa. Setelah berlatih, tanpa terasa kondisi tubuhnya membaik dan berenergi. Gejala asmanya tak dirasakan lagi. Seiring membaca buku Zhuan Falun banyak hal buruk yang ia kenali berhasil disingkirkan seperti egois, rasa takut dan emosi. Video pengalamannya dapat dilihat pada link ini.

Bila pembaca ingin mengenal Falun Dafa lebih lanjut, dapat mengikuti webinar Falun Dafa, atau langsung datang belajar di tempat latihan Falun Dafa (bebas biaya) yang tersebar di seluruh Indonesia. Webinar diadakan pada setiap hari minggu pada pukul 14.00-15.30, diisi dengan pengenalan Falun Dafa, video peragaan gerakan latihan dan penjelasan manfaatnya, serta testimoni praktisi yang telah berlatih. Link mengikuti webinar dapat diperoleh di website: belajarfalundafa.com atau menghubungi whatsapp: 081284861935.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.