Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Musim Hujan Tiba, Ini Tips Agar Dinding Tak Rembes

Jumat, 20 Desember 2019 10:46 WIB
Mengecat dinding/Ilustrasi. (Foto: Istimewa)
Mengecat dinding/Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Musim hujan sudah tiba. Selain masalah atap yang bocor,  masyarakat juga sering dipusingkan dengan dinding yang rembes. Masalah ini tidak boleh dibiarkan. Karena  bukan hanya memperburuk tampian rumah, tapi juga membawa dampak lain.      

General Manager Commerce PT Adhi Cakra Utama Mulia (Aquaproof), Antony Kostka, menerangkan, masalah dinding bocor juga bisa berimplikasi pada kesehatan. "Rembes bisa disebabkan dari dinding yang tidak prima. Mulai dari cat dinding yang mengelupas, menggelembung, warna cat dinding yang pudar, hingga munculnya lumut dan jamur. Tentu itu bisa membawa masalah kesehatan," ujar Antony dalam keterangan yang diterima redaksi, Jumat (20/12).      

Untuk itu, kata Antony, masalah ini harus diantisipasi. Caranya, dengan melakukan langkah-langkah perbaikan sederhana agar dinding rumah tak mudah rembes.        

"Sayangnya, mencegah rembes tak bisa dengan sekadar menutup langsung dengan waterproofing. Karena sifat air akan terus mencari jalan keluar. Ketika dibendung, air akan mencari jalan lain," tambahnya.      

Baca juga : Musim Hujan, Cek Kondisi Kendaraan Anda Supaya Aman

Untuk mengatasi itu, tambah Antony, sebaiknya dicari terlebih dahulu sumber rembesan dinding. "Jika rembes berasal dari retakan dinding, maka harus ditutup dengan mengunakan semen instan atau bahan lain," ujarnya.        

Setelah retakan tertutup, berikan waterproofing. Lapisan kedap air itu mencegah air merembes.    

Agar dinding rumah terhindar dari rembesan di musim hujan, Antony menganjurkan 2 langkah preventif berikut       

Tahap pertama, pelapisan primer. Di tahap ini, acian yang sudah benar-benar kering dan bersih, dilapisi primer terlebih dahulu. Primer bisa didapatkan dengan mencampurkan super cement (cairan polimer berwarna putih susu) dan semen dengan perbandingan 1:1,25. Primer dapat diaplikasikan menggunakan kuas/rol cat. Primer juga berfungsi untuk menggantikan plamir atau cat dasar lainnya.    

Baca juga : Lahirkan Human Champions di Era Industri Aviasi 4.0, AP II Gandeng BPSDM Kemenhub

Masalah umum yang sering terjadi akibat penggunaan plamir adalah efflorescence yaitu terbentuknya garam bersifat alkali yang membentuk kristal pada cat dinding sehingga menyebabkan cat mudah terkelupas. Selain itu, penggunaan plamir dengan daya lekat rendah juga dapat menimbulkan cat mengelupas.      

Keunggulan super cement plus semen adalah meningkatkan daya lekat cat ke substrat/acian, mengikat debu atau partikel kecil yang masih tertinggal, dan mencegah terjadinya efflorescence      

Tahap kedua, pelapisan Aquaproof. Aquaproof dirancang untuk melapisi dinding rumah yang terpapar hujan maupun terik matahari. Aquaproof tersedia dalam 24 pilihan warna yang menarik sehingga menambah kecantikan dinding eksterior rumah Anda.        

Setelah lapisan primer kering sesuai petunjuk tahap pertama, lapiskan Aquaproof dengan menggunakan kuas, rol atau alat penyemprot. Tunggu lapisan pertama kering dan lakukan proses pelapisan kedua. Bila memungkinkan lakukan pelapisan kedua menyilang dari lapisan pertama. Khusus bagian sambungan direkomendasikan menggunakan Aquaproof Polyester Mesh atau Supermesh.        

Baca juga : Tim Hoki Indonesia Dilarang Tanding di SEA Games 2019 

Selain menyediakan solusi untuk berbagai permasalahan bangunan, Aquaproof kini semakin mendekatkan diri dengan konsumen dengan memiliki toko resmi di marketplace (online) seperti Blibli dan Tokopedia sehingga konsumen lebih mudah berbelanja kapan pun dan di mana pun. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.