Dark/Light Mode

Tips Pilih Hijab Sesuai Jenis Bahan

Selasa, 7 April 2020 00:53 WIB
Mega Iskanti (Foto: Instagram Mega)
Mega Iskanti (Foto: Instagram Mega)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kini, hijab menjadi pilihan gaya berpakaian sebagian besar muslimah di Indonesia. Dari sisi fesyen busana muslim, hijab dianggap mampu menunjang penampilan. Akan tetapi, tak jarang bisa juga menjatuhkan penampilan. Kok bisa?

Baju muslim, baik dalam bentuk gamis, abaya, bahkan hijab yang kusut, kusam, bau tidak sedap bakal mengurangi kesempurnaan penampilan. Agar penggunaan busana muslim tampil sempurna di setiap kesempatan dengan model baju muslim dan hijab apa saja, penting untuk memperhatikan beberapa hal. Dimulai dari pemilihan kain atau bahan, memadupadankan warna dan corak, hingga perawatan hijab dan pakaian agar senantiasa wangi, lembut, dan warna tidak kusam atau pudar.

Baca juga : Ini Tips Atasi Nafsu Makan Meningkat Saat WFH

Desainer produk tekstil dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Nurul Akriliyati, menjelaskan, ada banyak pilihan bahan atau kain untuk baju muslim. Bahan sifon sekarang menjadi pilihan yang cukup lazim digunakan hijaber. Kain sifon dibuat dari benang tipis, ditenun polos tanpa motif pada tenunannya, dan ditenun renggang. Sifat kainnya ringan, lembut, dan udara mudah bertukar, sehingga pemakainya dibuat nyaman.

Ada juga bahan satin. Memiliki karakter kain yang halus dan lembut, dan jatuhan yang indah, sehingga sering dipakai untuk keperluan baju muslim dan kerudung untuk pesta.

Baca juga : 5 Pemimpin Dunia Ajak Semua Kompak Lawan Covid-19

Pakaian muslim dibuat menggunakan kain sifon atau kain satin biasanya dipakai pada acara formal, karena mudah dikreasikan berbagai gaya, baik yang polos maupun yang memiliki motif. "Jenis satin atau sifon yang harus diperhatikan adalah dibuat dari serat apa? Jika dari serat alam seperti katun, rayon, dan sutra, hijab akan nyaman digunakan, karena menyerap keringat. Kalau dari serat sintetis seperti nilon dan poliester, kurang nyaman digunakan pada cuaca panas. Sayangnya, serat alam cepat sekali kusam jika sering digunakan," jelas Nurul.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.