Dark/Light Mode

Penting Supaya Corona Tak Meluas

Catat, Ini Arahan WHO Untuk Physical Gathering Selama Ramadhan

Sabtu, 18 April 2020 17:22 WIB
WHO menyarankan tempat wudhu agar dilengkapi dengan sabun cuci tangan atau hand sanitizer berbasis alkohol 70 persen, sebagai langkah antisipasi penyebaran virus Corona. (Foto: Istimewa)
WHO menyarankan tempat wudhu agar dilengkapi dengan sabun cuci tangan atau hand sanitizer berbasis alkohol 70 persen, sebagai langkah antisipasi penyebaran virus Corona. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bulan Ramadhan kini sudah di depan mata. Di bulan suci yang akan dimulai pada akhir April hingga akhir Mei 2020, umat Islam tak hanya sekadar menjalankan ibadah puasa dari mulai matahari terbit sampai matahari terbenam.

Tetapi juga melakukan ibadah yang sifatnya berjamaah atau melibatkan orang banyak seperti shalat Tarawih dan shalat malam di masjid.

Bahkan, dalam sepuluh hari terakhir Ramadhan, umat Islam juga banyak yang beritikaf di masjid. Menginap di masjid dengan tujuan ibadah.

Baca juga : Cegah Corona, PLN Tunda Catatan Meteran Listrik Pelanggan

Namun, kondisinya saat ini dipastikan akan berbeda karena berlangsung di tengah pandemi Corona. Setiap orang wajib mematuhi protokol kesehatan seperti menjaga jarak 1-2 meter, mengenakan masker, dan rutin cuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik. Agar laju penyebaran Corona bisa ditekan.

Hal ini menjadi sorotan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Demi memastikan pandemi Covid-19 tak meluas, WHO menyampaikan aturan terkait physical gathering atau acara kumpul-kumpul yang harus dipatuhi di bulan Ramadhan. Inilah arahannya:

Tempat

Baca juga : Belanja ke Supermarket, Pria Malaysia Ini Pakai Baju Pelindung Dari Plastik Sampah

- Jika memungkinkan, pertimbangkan untuk mengadakan acara di luar ruangan. Jika tidak, pastikan ruangan memiliki ventilasi yang memadai dan aliran udara yang cukup baik.

- Jangan lama-lama. Persingkat acara, untuk membatasi potensi terinfeksi Covid-19

- Berikan preferensi untuk mengadakan acara dengan jumlah peserta seminimal mungkin. Bergilir. Ini lebih baik ketimbang membuat acara besar sekaligus.

Baca juga : Antisipasi Dampak Corona Ke Koperasi Dan UMKM, Pemerintah Beri Sejumlah Insentif

- Jaga jarak di antara peserta, baik ketika duduk ataupun berdiri. Buatlah area mana saja yang dikhususkan untuk itu. Beri tanda. Ketentuan ini juga berlaku untuk kegiatan ibadah, wudhu di tempat umum, dan area tempat penitipan sepatu.

- Aturlah jumlah dan aliran orang yang masuk, menghadiri, dan berangkat dari ruang ibadah, situs ziarah, atau tempat lain. Sangat penting untuk selalu menjaga jarak.

- Penting melacak kontak peserta yang akan diundang, untuk memastikan tak ada orang yang terinfeksi Corona atau memiliki kontak dekat dengan pasien Corona di antara peserta acara.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.