Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Minyak Kayu Putih Untuk Obat Covid, Benarkah?

Minggu, 7 Februari 2021 09:13 WIB
Minyak Kayu Putih Untuk Obat Covid, Benarkah?

RM.id  Rakyat Merdeka - Informasi yang menyebutkan minyak kayu putih dapat mengobati dan mencegah Covid-19, viral di media sosial dan pesan aplikasi. Minyak kayu putih bahkan disebut dapat dicampur dengan teh atau air panas, untuk diminum. Benarkah klaim tersebut? Apakah minyak kayu putih memang mampu menangkal Covid?

Melalui akun Instagramnya, Kandidat Doktor Ilmu Kedokteran Universitas Kobe Jepang, dr. Adam Prabata menjelaskan, minyak kayu putih memang digunakan secara tradisional pada orang-orang yang memiliki keluhan pernapasan. Seperti radang tenggorokan, bronkhitis, atau sinusitis. 

Selain itu, pada penelitian tingkat sel, minyak kayu putih juga memiliki kemampuan anti virus terhadap virus-virus tertentu.

Baca juga : Ika Pimnas Bantu Rp 110 Juta Untuk Korban Gempa Sulbar

Sementara penelitian mengenai efek minyak kayu putih terhadap Covid-19, masih berada dalam tahap in silico (simulasi komputer).

Penelitian in silico merupakan tahap awal untuk memastikan suatu terapi/obat dapat diklaim bermanfaat. Setelahnya, dilanjutkan dengan uji pre klinis (uji coba di sel dan hewan) dan uji klinis fase I-III (uji coba manusia dalam beberapa tahap).

"Penelitian tersebut mengkaji kemampuan minyak kayu putih dalam menghambat menempelnya virus penyebab Covid.di dalam sel, menghambat replikasi virus penyebab Covid, dan menghambat enzim penting pada SARS-CoV-2," papar Adam.

Baca juga : Menaker Dorong Pelatihan Vokasi Untuk Peningkatan Kompetensi SDM

Lalu, apakah minyak kayu putih aman untuk diminum? Dengan tegas, Adam mengatakan, minyak kayu putih berbahaya untuk diminum. Karena dapat mengakibatkan keracunan.

"Meminum minyak kayu putih murni dalam dosis kecil 2-3 ml dapat mengakibatkan keluhan sedang-berat. Seperti rasa terbakar di mulut/hidung, nyeri perut, muntah, bingung, disorientasi, dan kejang," jelas Adam.

Jadi kesimpulannya, minyak kayu putih boleh digunakan. Asal tidak dianggap sebagai sesuatu yang pasti mencegah dan mengobati Covid. 

Baca juga : Presiden Filipina Rodrigo Duterte Pilih Suntik Vaksin Covid Di Bokong, Adakah Risikonya?

"Gunakan untuk penggunaan luar, sesuai petunjuk pemakaiannya. Hindari meminum minyak kayu putih," pungkasnya. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.