Dark/Light Mode

Ika Pimnas Bantu Rp 110 Juta Untuk Korban Gempa Sulbar

Senin, 1 Februari 2021 07:55 WIB
Ketua Umum Ika Pimnas, Bambang Hendroyono
Ketua Umum Ika Pimnas, Bambang Hendroyono

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Ikatan Alumni Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Nasional (Ika Pimnas) Bambang Hendroyono menyerahkan, bantuan untuk korban bencana gempa di Sulawesi Barat (Sulbar) pada, Sabtu, (30/1). 

Ika Pimnas bantu sebesar Rp 110 juta yang diserahkan langsung kepada Sekretaris Daerah Sulbar, Muhammad Idris, mewakili Gubernur Sulbar, HM Ali Baal Masdar.

“Saya mewakili pengurus dan anggota Ika Pimnas turut berduka kepada seluruh saudara di Sulbar. Kita berdoa dan selalu ingat bahwa segala sesuatu dapat terjadi atas kehendak nya,” kata Bambang saat memberikan sambutan penyerahan bantuan secara simbolis yang dilakukan secara daring. 

Bambang, yang juga menjabat Sekretaris Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) ini mengatakan, Ika Pimnas memiliki ikatan emosional dengan Provinsi Sulbar. Pada tahun 2019, Provinsi Sulbar ikut mendukung kegiatan yang dilakukan Ika Pamnas di Mamuju. Atas dasar itulah, segenap anggota Ikan Pimnas merasa tergerak untuk bersama sama membantu penanganan gempa di Sulbar.

Baca juga : Bantu Korban Gempa Sulbar, Zeni TNI AD Distribusikan Air Bersih

Lebih lanjut, Bambang mengatakan, aksi kemanusian ini menjadikan Ika Pimnas menjadi organisasi kokoh, dan kuat karena anggotanya peduli dan menguatkan serta membantu satu sama lain. 

“Saya ucapkan banyak terima kasih kepada seluruh kawan-kawan Ika Pimnas yang telah berkontribusi. Alhamdulillah, dana sebesar Rp 110 juta ini diserahkan ke Sekda untuk diberikan kepada yang berhak,” katanya.

100 Orang  Meninggal

Sekda Sulbar, Muhammad Idris, mewakili Gubernur Sulawesi Barat menyampaikan, terdapat kurang lebih 3.369 korban luka-luka dan 100 orang meninggal. 

Baca juga : Naik Heli Chinook, BNPB Kirim 8 Ton Bantuan Ke Dua Desa Terdampak Gempa Sulbar

Menurutnya data yang sudah terlanjur tersebar adalah 102 orang meninggal, namun atas kuasa tuhan melalui tim medis, 2 orang yang kritis tersebut dapat diselamatkan sehingga jumlah korban meninggal sebenarnya adalah 100 orang. 

Walaupun berada di bawah tekanan dan dalam kondisi yang sangat berat, Sekda Sulbar tetap bersyukur karena bantuan-bantuan dari berbagai pihak dan juga Pemerintah pusat telah diterima dan sangat membantu dalam upaya penanggulangan bencana terutama untuk para korban. 

Tim pembuat catatan atau memori bencana Sulbar juga telah dibentuk, dengan harapan kejadian bencana alam dan seluruh kegiatan-kegiatan penanganannya dapat menjadi bagian case study untuk kelanjutan misi bersama membangun bangsa ke depan. 

“Kami mewakili Gubernur Sulawesi Barat, haturan ucapan terima kasih, menerima sumbangan dari Ika Pimnas. Kami juga terus mengharapkan doa dari kawan-kawan sekalian agar bisa segera lepas dari tekanan ini,” kata Idris. [FIK]

Baca juga : Sido Muncul Serahkan Bantuan Rp 240 Juta Untuk Korban Gempa Mamuju


 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.