Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tips Atasi Fobia Jarum Suntik Jelang Vaksinasi Covid

Kamis, 25 Maret 2021 13:37 WIB
Tips Atasi Fobia Jarum Suntik Jelang Vaksinasi Covid

RM.id  Rakyat Merdeka - Jadwal vaksinasi Covid-19 sudah di depan mata. Namun, rasa takut karena fobia jarum suntik (trypanophobia) terus menghantui.

Fobia jarum suntik adalah kondisi di mana seseorang mengalami ketakutan yang berlebihan terhadap tindakan medis, yang melibatkan suntikan atau tindakan yang berhubungan dengan jarum suntik.

Psikiater dr. Santi Yuliani, SpKJ menjelaskan, fobia jarum suntik bisa memunculkan gejala jantung berdebar, tensi menjadi naik, tangan gemetar, napas terengah, keringat dingin, pusing, lemas, gelisah dan cemas, bahkan pingsan.

Baca juga : Kasian, Banyak Lansia di Kunciran Belum Kebagian Vaksinasi Covid-19

"Situasi ini bisa kita atasi dengan applied tension. Cari posisi duduk yang nyaman dan tenang. Posisi duduk tegak, letakkan tangan di paha. Atur napas sampai teratur, kurang lebih 20-30 detik. Cobalah relaksasi area kepala dan leher, gerak-gerakan tangan/lengan dan kaki selama 10-15 detik," papar Santi via laman Instagramnya.

Santi juga menyarankan, agar kita tak sungkan mengaku fobia jarum suntik kepada petugas medis, supaya bisa membantu mempersiapkan mental.

"Anda bisa mengatakan, saya fobia jarum suntik...saya boleh dibantu supaya tidak cemas ya. Atau, bolehkah saya meminta beberapa waktu untuk mengatasi kecemasan, sebelum divaksin?" papar Santi.

Baca juga : JK : Bulan Depan, Masjid Akan Jadi Tempat Vaksinasi Covid-19

"Ingat, fobia bukan aib. Tak perlu malu menyampaikan hal tersebut, saat kita berada dalam situasi cemas," pungkasnya.

Vaksinasi Covid-19 merupakan ikhtiar bersama seluruh warga dunia, terutama masyarakat Indonesia untuk mencapai herd immunity. Melalui vaksinasi, kita tak hanya melindungi diri sendiri, tetapi juga orang lain. [HES]

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.