Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
%
Ganjar & Mahfud
Waktu |

Antusiasme Tinggi, Tapi Kurang Koordinasi

Kasian, Banyak Lansia di Kunciran Belum Kebagian Vaksinasi Covid-19

Rabu, 24 Maret 2021 22:29 WIB
Vaksinasi lansia di Kunciran, Tangerang, Rabu (24/3). (Foto: Fajar El Pradianto/Rakyat Merdeka)
Vaksinasi lansia di Kunciran, Tangerang, Rabu (24/3). (Foto: Fajar El Pradianto/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Program vaksinasi Covid-19 untuk menekan angka penularan makin menarik antusias masyarakat. Salah satunya yang digelar di Kelurahan Sudimara Kecamatan Pinang Kota Tangerang, Banten.

Tak hanya masyarakat Sudimara, warga Kelurahan Kunciran Indah juga mendapat undangan untuk segera menjalani penyuntikan di Kelurahan Sudimara tepatnya di GOR Palapa Sudimara Pinang. Lokasi Sudimara dengan perumahan Kunciran Indah memang bersebelahan.

Warga sudah berbondong-bondong datang ke GOR tersebut sejak pukul 09.00. Sayangnya antusiasme warga yang tinggi ini belum diimbangi dengan koordinasi yang matang pihak penyelenggara. Alhasil banyak warga lanjut usia (lansia) yang sudah terdaftar, tapi tidak kebagian vaksin.

Seorang warga bernama Agus (63), mengaku sudah semangat untuk menjalani salah satu ikhtiar melawan virus Corona itu. Dia datang dari pukul 10.30. Sesampainya di sana, dia kaget. Tak menyangka lokasi itu sudah dipadati manusia.

Baca juga : Kaum Adam Dominasi Kematian Akibat Covid

"Sudah rame banget. Saya malah nggak kebagian vaksin. Padahal nama saya terdaftar tapi nggak kebagian," keluh Agus kepada RM.id, Rabu (24/3).

Dia menceritakan, ternyata meski belum terdaftar, warga yang datang duluan bisa mendapat vaksin hanya dengan menunjukkan KTP. Jadi yang berlaku, di sana adalah hukum "siapa cepat, dia dapat".

Mereka yang sudah terdaftar sesuai undangan di Grup WhatsApp RT/RW justru tidak menerima vaksin karena datang belakangan.

Warga Kunciran lainnya, Budi (62) mengaku belum divaksin dengan alasan yang sama dengan Agus. "Di dalam grup RT/RW ada 33 nama lansia diundang untuk ikut vaksin di GOR Palapa. Tapi nggak kebagian kuota habis," ungkap Budi, lesu.

Baca juga : Indro Warkop Ajak Lansia Tak Takut Disuntik Vaksin Covid-19

Melihat semangat warga yang besar, Lurah Kunciran Indah Yudi Hendra Permana mengaku bersyukur. Dia menyebut, program vaksinasi ini adalah dosis pertama untuk masyarakat. "Antusiasme warga tinggi sekali," ujar Yudi, di lokasi penyuntikan.

Ditanya soal banyaknya warga yang belum dapat vaksin, Yudi menduga, ada miskomunikasi sehingga hal itu terjadi.

Dia tidak bisa menjanjikan kapan akan digelar vaksinasi khusus warga Kunciran Indah. "Begitu sudah ada pasti kami adakan penyuntikan lagi nanti," janjinya.

Sementara Kasubag Puskesmas Kunciran Tajudin Alamsyah mengaku tak menyangka antusias warga Sudimara dan Kunciran sebesar ini. Karena itu, stok vaksin yang disediakan tidak sebanding dengan jumlah warga yang datang ke lokasi.

Baca juga : Sayang Lansia, Kang Emil Gagas Mobil Vaksin Covid

"Stok vaksin ada 200 lebih tapi yang datang lebih banyak lagi," kata Tajudin. Dia belum bisa memastikan kapan proses vaksinasi dosis pertama ini dibuka kembali. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.