Dark/Light Mode

Mau Plesiran Ke AS Sambil Ikut Program Vaksin? Bisa...

Jumat, 4 Juni 2021 12:11 WIB
Patung Liberty, ikon Kota New York, AS (Foto: iStockphoto)
Patung Liberty, ikon Kota New York, AS (Foto: iStockphoto)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tak ada sektor perekonomian yang tak terpukul di era Covid-19. Tak terkecuali sektor pariwisata. Tapi, orang kreatif mampu melihatnya sebagai peluang, sekaligus tantangan. 

Inilah yang dilakukan ATS Vacations, di tengah situasi pandemi yang sampai saat ini belum menunjukkan tanda-tanda kapan akan berakhir.

Perusahaan travel yang berbasis di Jakarta itu berinisiatif membuka paket wisata ke Amerika Serikat, yang digabungkan dengan program vaksinasi Covid-19 Johnson&Johnson. 

Pendaftaran program wisata vaksin ini, sudah dibuka sejak awal Juni 2021. Harganya beragam, mulai Rp 19,98 juta per orang.

Baca Juga : Ahli: Hoaks Vaksin Rugikan Program Vaksinasi Covid-19

"Untuk pemberangkatan Los Angeles, dimulai bulan Juli. Tanggal keberangkatan, terserah customer. Nanti kami cek, apakah di tanggal tersebut ada kamar kosong atau tidak. Setelah itu, kami pastikan tiket dan hotelnya," kata Staf Humas ATS Vacations Stephanus kepada RM.id, Jumat (4/6).

"Kami paham situasi di sana seperti apa, dan vaksin Johnson&Johnson itu memang cukup banyak jumlahnya. Yang mau dapat vaksin Johnson&Johnson, bisa pesan sekarang. Kalau nanti-nanti, saya tidak tahu ketersediaannya," sambung Stephanus. 

Biaya paket perjalanan ini sudah termasuk dengan biaya 2 kali tes polymerase chain reaction (PCR), sebelum berangkat dan saat akan kembali ke Indonesia.

"Yang boleh berangkat, tentunya yang negatif Covid. Sampai di sana, bisa langsung melakukan vaksin dengan merk Johnson & Johnson. Nanti, ketika mau pulang, tes PCR lagi sebagai syarat kembali ke Indonesia," terang Stephanus.

Baca Juga : Kejutan! Survei CISA: Elektabilitas AHY Ungguli Partainya, Kalahkan Ganjar dan Prabowo

Setibanya di Jakarta, customer wajib menjalani karantina selama 5 hari. Ini merupakan aturan wajib peraturan Satgas Covid-19 yang tidak bisa ditawar.

"Tapi kalau positif Covid, customer tidak bisa pulang karena harus karantina 10 hari," paparnya.

Hotel dan tempat karantina, tidak termasuk dalam biaya paket perjalanan wisata ATS Vacations.

Paket wisata vaksin Johnson&Johnson dari ATS Vacations terdiri dari 4 opsi. Bisa pilih tujuan New York, Los Angeles, USA West Coast, dan USA East Coast.

Baca Juga : PNS Pakistan Yang Ogah Divaksin Covid, Siap-siap Nggak Gajian

Tak Ambil Untung Dari Vaksin

Stephanus menegaskan, dalam program wisata ini, ATS Vacations tidak mengambil untung dari vaksin.

"Vaksin ini gratis dari pemerintah Amerika. Sama seperti tur dari Thailand, yang juga membuat rute Amerika dengan vaksin. Vaksin ini juga tidak bersifat wajib. Tapi kalau customer mau, ya akan kami bantu. Itu pun tergantung ketersediaan vaksin di sana," jelasnya.

"Tidak ada keuntungan yang kami ambil dari vaksin ini. Kami hanya ingin memfasilitasi tamu yang ingin jalan-jalan ke Amerika, dan sekaligus ingin divaksin," pungkas Stephanus. [JAR]