Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ini Tips Sukses Membangun Branding Pelaku UMKM

Selasa, 27 Juli 2021 19:06 WIB
Ini Tips Sukses Membangun Branding Pelaku UMKM

RM.id  Rakyat Merdeka - Masalah utama yang sering dialami mayoritas UMKM adalah kurangnya pemahaman mengenai branding. Kebanyakan dari pelaku bisnis UMKM masih menilai jika hanya dengan memiliki logo dan label, berarti mereka sduah memiliki brand.

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, mari kita kembali ke masalah yang paling mendasar. Apa itu branding? Branding adalah cara membuat persepsi positif tentang produk, perusahaan, maupun layanan yang diberikan oleh perusahaan kita.

Baca juga : Menteri LHK Sampaikan Pembangunan Kota Hijau Di Pertemuan G20

Bagaimana konsumen membedakan bisnis kita dengan para pesaing. Branding yang efektif dan tepat dapat mempengaruhi pengembangan bisnis, menaikkan nilai jual produk, serta mampu menarik "perhatian" calon konsumen baru.

Membuat branding bisnis yang kuat bukan hanya perkara logo atau label saja. Inti pada branding adalah identias atau wajah yang ingin ditunjukkan brand Anda kepada masyarakat luas.

Baca juga : Industri Penerbangan Yang Mengenaskan

Ada 4 hal yang harus kita persiapkan:

1. Produk . Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah membantun sebuah pondasi bisnis dengan produk yang bekualitas. Selain itu, Anda juga bisa menciptakan produk-produk unik, yang tentunya tak dimiliki oleh pesaing Anda.

Baca juga : Penting, Digital Branding Untuk Membangun Brand UMKM

Hal ini dapat dilakukan jika kita terus melakukan riset pasar. Produk apakah yang sedang trend atau yang tengah digandrungi oleh konsumen. Untuk produk-produk unik ini Anda bisa memulai dengan membuat packaging custom.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.