Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Penting, Digital Branding Untuk Membangun Brand UMKM

Jumat, 16 Juli 2021 17:19 WIB
Webinar DigiTalk dengan tema Strategi Membangun Brand di Era Digital, yang digelar Kominfo, Jumat (16/7). (Foto: Dok. Kominfo)
Webinar DigiTalk dengan tema Strategi Membangun Brand di Era Digital, yang digelar Kominfo, Jumat (16/7). (Foto: Dok. Kominfo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pada Juni lalu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) ditunjuk sebagai campaign manager kegiatan Gernas BBI (Bangga Buatan Indonesia) di Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan mengusung tema “Kilau Digital Permata Flobamora”. Flobamora merupakan akronim dari pulau-pulau besar di NTT yaitu Flores, Sumba, Timor, dan Alor. 

Sebagai tindak lanjut kegiatan tersebut, Direktorat Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim, Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik, Kominfo menginisiasi Webinar DigiTalk dengan tema “Strategi Membangun Brand di Era Digital”, Jumat (16/7). Webinar ini dilakukan untuk memberi bekal para UMKM agar dapat lebih maksimal dalam membangun brand yang dimiliki.

Baca juga : BPOM Terbitkan Izin Darurat Untuk Vaksin Pfizer

Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kominfo Septriana Tangkary menyatakan, pemanfaatan teknologi digital (transformasi digital) menjadi sangat penting, sebagai syarat untuk terus berkembang maju, bangkit, dan naik kelas. UMKM dituntut untuk adaptif dan kreatif, mampu menghasilkan produk yang sesuai keinginan dan kebutuhan pasar. 

“Data terakhir di Mei 2021, terhitung sudah 6 juta UMKM telah berpindah ke ruang digital. Keberhasilan ini merupakan kolaborasi yang kuat antar semua pihak sehingga melebihi target awalan sebesar 2 juta onboarding UMKM," jelasnya.

Baca juga : Kemenperin Siap Pasok Kebutuhan Bahan Baku IKM

Webinar dilanjutkan dengan bincang-bincang bersama Founder Piknik Hub dan Jagoan Indonesia, Dias Satria. Dias menyampaikan beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam membuat brand, yaitu “be lean, be agile, be creative”. Be lean artinya mempercepat proses, fokus pada yang customer suka. Be agile artinya adaptif terhadap kondisi. Contohnya, di masa seperti ini jangan menjual produk yang tidak disukai saat pandemi. Be creative artinya terus belajar mengembangkan produk.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.