Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Supaya Nggak Ketipu Beli Vitamin Palsu, Simak Nih Tips Dokter

Jumat, 30 Juli 2021 18:28 WIB
Vitamin. (Foto: Net)
Vitamin. (Foto: Net)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pandemi Covid-19 mendorong banyak orang untuk meningkatkan imun tubuh. Sehingga banyak orang membeli berbagai produk vitamin, terutama vitamin C, D, E dan Zinc. Sayangnya, kondisi ini membuka celah peredaran vitamin palsu. Gimana ya supaya nggak ketipu? 

Wakil Ketua Umum III Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Prasetyo Widhi Buwono memberikan tips agar konsumen tidak tertipu saat membeli vitamin.

Baca juga : Waspada Penipuan Lelang Online, Ini Tips Dari Pegadaian

Tips pertama, konsultasi ke dokter keluarga yang berada di BPJS Kesehatan. Masyarakat bisa memanfaatkan layanan digital atau layanan konsultasi jarak jauh atau dikenal dengan Telemedicine. Dengan cara ini masyarakat akan diberikan resep termasuk vitamin yang terjamin.

"Tentu di sana obat-obat yang diberikan sudah memenuhi standar baik dari sisi kualitas maupun dari sisi tanggal kadaluarsa," ujarnya kepada RM.id, Jumat (30/7).

Baca juga : Beli Vila, Edhy Pakai Nama Pembantu Di Rumah Dinas

Kedua, jangan tergoda harga yang murahnya tidak wajar. Lalu ketiga, perhatikan kemasan vitamin. Produk yang asli, terutama impor, memiliki keterangan barcode pada kemasan untuk menjamin keasliannya. Keempat, perhatikan izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

"Vitamin apa saja biasanya itu pada kemasan izin edarnya. Itu bisa dilihat izin edar dari BPOM," terang Pras, sapaan akrabnya.

Baca juga : Soroti Tingginya Angka Kematian Di Blora, Ganip Minta Lima Hal Ini Diperhatikan

Kalau ragu karena produk terlihat tidak asli, katanya, lebih baik jangan membeli online. Tetap utamakan beli di apotek resmi. 

Sebetulnya dari bentuk atau warna produk, bisa terlihat mana yang asli dan yang palsu. Tetapi hal itu akan sulit dideteksi. Sebab, vitamin tidak akan boleh dibuka jika tidak membeli dulu.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.