Dark/Light Mode

Lestarikan Budaya Di Era Pandemi, Pekerja Seni Bisa Manfaatkan Teknologi Digital

Sabtu, 14 Agustus 2021 19:55 WIB
Webinar bertajuk Fungsi Komunikasi dalam Meningkatkan Nasionalisme Generasi Muda Melalui Program Budaya, Sabtu (14/8). (Foto: Zoom)
Webinar bertajuk Fungsi Komunikasi dalam Meningkatkan Nasionalisme Generasi Muda Melalui Program Budaya, Sabtu (14/8). (Foto: Zoom)

 Sebelumnya 
Karenanya, pandemi yang menyebabkan terbatasnya mobilitas, tidak boleh menyebabkan niatan melestarikan dan mengenalkan budaya kepada generasi muda menjadi surut.

"Jelang kemerdekaan ini, menjadi penyemangat kita untuk bisa menyuarakan ‘merdeka berkarya’. Kita adalah bangsa yang tangguh, kreatif, berbudi, dan bermental juara," ujar Suryandoro.

Baca juga : Lestari: Tekan Angka Kematian, Perkuat Solidaritas Antar Warga

Dia menceritakan, selama pandemi, sanggarnya tidak berhenti untuk berkreasi. Sejumlah kegiatan dilakukan dengan memanfaatkan platform digital. Sedangkan untuk mendekati kawula muda, sejumlah pendekatan komunikasi juga dilakukan.

"Kami coba ‘memudakan’ budaya, khususnya wayang. Memudakan, dalam arti mengakrabkan budaya kepada anak muda. Pendekatan yang kami lakukan adalah dengan menjembatani gap generasi dengan cara dan gaya penyajian seni sehingga bisa diterima dan dinikmati oleh anak muda," jelasnya.

Baca juga : Kasus Corona Turun, Polri Puji Masyarakat Yang Mulai Disiplin

Webinar bertajuk Fungsi Komunikasi dalam Meningkatkan Nasionalisme Generasi Muda Melalui Program Budaya diselenggarakan dalam rangka Menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia ke-76.

Kegiatan ini merupakan kegiatan kolaborasi antara Magister Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana dengan Sanggar Swargaloka. Webinar diselenggarakan secara daring ini diikuti lebih dari 100 orang peserta, yang didominasi anak muda. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.