Dark/Light Mode

Batik Durian Lubuklinggau Semarakkan Milan Fashion Week 2021

Kamis, 30 September 2021 13:29 WIB
Batik Durian di International Fashion Expo 2021 di sela-sela kegiatan Milan Fashion Week 2021. (Foto KBRI Roma)
Batik Durian di International Fashion Expo 2021 di sela-sela kegiatan Milan Fashion Week 2021. (Foto KBRI Roma)

 Sebelumnya 
Partisipasi JYK Indonesia dalam kegiatan ini juga didukung Batik Lubuklinggau dan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Roma, Italia. Batik Lubuklinggau saat ini juga sedang dipromosikan Pemerintah Kota Lubuklinggau, Provinsi Sumatera Selatan. Termasuk melalui upaya Ketua Tim Penggerak PKK/ Ketua Dekranasda Lubuklinggau) di berbagai festival.

 
Lubukinggau dikenal sebagai penghasil durian. Kain batik dan songket durian juga telah dipatenkan pada 2016. Danang Waskito, Koordinator Fungsi Penerangan Sosial dan Budaya KBRI Roma yang juga turut hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan penghargaannya atas partisipasi JYK pada kegiatan Milan Fashion Week.

"Partisipasi ini merupakan kolaborasi yang baik antara KBRI Roma dan penggiat diplomasi batik Indonesia seperti JYK dan Batik Lubuklinggau. Kami berharap partisipasi dalam kegiatan seperti ini, akan semakin mendorong kesuksesan JYK dan desaigner Indonesia lainnya pada kancah internasional,” jelasnya.

Baca juga : Mulai Digenangi Air, Jokowi Resmikan Bendungan Gongseng Desember 2021

Pihak penyelenggara Emerging Talents Milan mengundang para perancang busana dengan konsep nasional dan warisan budaya untuk mempererat hubungan antar bangsa, budaya dan negara. Kriteria desain terpilih harus memiliki fokus dan esensi pada keanggunan, keindahan dan orisinalitas.

Emerging Talents Milan juga memiliki visi untuk melestarikan dan mempromosikan tradisi, keterampilan, dan produk kerajinan dari generasi ke generasi. Selain JYK Indonesia, tampil pula beberapa perancang lainnya seperti Marc Cain (Jerman), Nera Lingerie (Prancis), Anamarija Asanovic (Kroasia), Nina Nayema (Kanada), Vitor Zerbinato (Brasil).

Baca juga : Selain Pidana, Luhut Gugat Haris Dan Fathia Rp 100 M!

JYK adalah label Indonesia yang memproduksi pakaian wanita ready to wear. Produk JYK banyak diilhami dari keluhuran budaya Indonesia yang dapat beradaptasi dengan kekinian. Sementara itu, Jenny Yohana Kansil adalah designer lulusan beberapa sekolah fashion di Italia dan Inggris. Jenny Kansil merupakan alumni Istituto di Moda Burgo, yang kemudian dipercaya membuka Istituto di Moda Burgo Indonesia di Jakarta. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.