Dark/Light Mode

Tips Aman Traveling Di Era Covid, Jangan Lepas Masker Walau Sebentar

Sabtu, 23 Oktober 2021 12:55 WIB
Ilustrasi bepergian naik pesawat di era Covid-19. (Foto: Garuda)
Ilustrasi bepergian naik pesawat di era Covid-19. (Foto: Garuda)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mantan Direktur WHO Asia Tenggara, Prof. Tjandra Yoga Aditama mengapresiasi pesan simpatik yang diberikan maskapai penerbangan, saat membagikan makanan dan minuman.

Makanan diminta dibawa pulang. Kalau tidak perlu sekali, tak usah diko⁰nsumsi di dalam pesawat.

Namun kenyataannya, ada saja yang tetap membuka bungkusan makanan dan menyantapnya di pesawat.

Berita Terkait : Kabupaten Malang Digoyang Gempa M5.3, Tak Berpotensi Tsunami

"Memang tidak salah, tetapi membuka masker dan makan sambil banyak bercakap-cakap, tentu meningkatkan risiko penularan Covid-19, meski pesawat sudah dilengkapi dengan HEPA Filter dan sebagainya," papar Prof. Tjandra dalam keterangannya, Sabtu (23/10).

Ia pun menyoroti penumpang yang diminta membuka masker, saat petugas memeriksa boarding pass atau sebelum naik pesawat. 

Mungkin,  kata Prof. Tjandra, maksudnya untuk mengecek. Apakah wajah sesuai dengan yang ada di kartu pengenal, atau tidak.

Berita Terkait : Ratusan Orang Lepas Masker Dan Berkerumun

"Tapi masalahnya, saat itu cukup banyak orang yang antre dalam beberapa baris. Juga ada petugas dan sebagainya. Sehingga, membuka masker walaupun sebentar, memunculkan risiko terjadinya penularan. Baiknya keharusan buka masker ini tidak perlu dilakukan," saran Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) yang juga Direktur Pasca Sarjana Universitas YARSI ini.

Menurutnya, dengan sudah melandainya kasus, pastinya akan makin banyak orang bepergian. Karena itu, akan lebih baik, kalau kita semua dapat bepergian dengan aman.

"Memang, kita memerlukan berbagai penyesuaian dalam pola kehidupan baru dengan Covid-19. Kita semua perlu belajar menyesuaikan diri, baik masyarakat luas maupun para petugas dan penentu kebijakan publik," pungkas Prof. Tjandra. [HES]