Dark/Light Mode

Atasi Gangguan Pencernaan, Siloam Hospitals Kebon Jeruk Hadirkan Digestive Center

Sabtu, 23 Oktober 2021 15:58 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Gangguan pencernaan merupakan masalah yang terjadi pada salah satu atau lebih dari satu organ pencernaan secara bersamaan.

Sistem pencernaan manusia terdiri dari sejumlah organ, mulai dari mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, hingga anus. Ada banyak penyebab gangguan pencernaan bisa terjadi. Mulai dari pola makan yang salah, gaya hidup tidak sehat, hingga munculnya tanda dan gejala penyakit tertentu.

Baca juga : Kolaborasi Samsung dan Maison Kitsuné Hadirkan Edisi Khusus

Pada skala ringan, gangguan pencernaan dapat muncul dan hilang dengan sendirinya atau setelah mengonsumsi obat. Namun, pada tingkat yang lebih tinggi gangguan pencernaan harus sangat diwaspadai karena bisa menyebabkan masalah lebih serius pada sistem pencernaan.

Dua gangguan pencernaan yang paling umum ditemui adalah penyakit batu empedu dan kanker usus besar. Penyakit batu empedu merupakan gangguan pencernaan yang kerap ditemukan, namun sering tidak disadari.

Baca juga : Perluas Jasa Pengiriman, TheLorry Hadirkan Fitur Multi Drop

Penyakit batu empedu atau cholelithiasis adalah penyakit yang menyebabkan penderitanya mengalami sakit perut mendadak akibat adanya batu di dalam kantong empedu. Kantong empedu merupakan organ dalam di sisi kanan perut tepat berada di bawah hati.

Dokter spesialis penyakit dalam konsultan gastroenterologi hepatologi Siloam Hospitals Kebon Jeruk (KJ), dr. Hardianto Setiawan, Sp. PD KGEH mengatakan penyakit ini dapat dijumpai pada pria dan wanita, tetapi umumnya wanita lebih banyak mengalami daripada pria, terutama pada usia lebih dari 40 tahun.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.