Dark/Light Mode

Pemprov DKI Janji Tambah Kecepatan

Warga Keluhkan Akses Internet JakWifi Lemot

Jumat, 26 November 2021 06:40 WIB
Warga mengeluhkan kualitas sinyal yang lemah dalam layanan JakWifi. (Foto: Instagram/disdikdki)
Warga mengeluhkan kualitas sinyal yang lemah dalam layanan JakWifi. (Foto: Instagram/disdikdki)

 Sebelumnya 
Untuk bisa terkoneksi dalam jaringan JakWifi, caranya cukup mudah. Masuk ke jaringan dengan cara mengisi kata sandi ‘untuksemua’ dengan radius jangkauan tanpa obstacle (penghalang seperti tembok) kurang lebih antara 25 sampai 50 meter dari sumber.

Menurut Aditia, provider JakWifi juga sudah menggunakan Domain Name System (DNS) sehat dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Ini untuk mencegah pengguna mengakses situs terlarang.

Dia juga mengimbau pengguna JakWifi menggunakan internet untuk kegiatan positif.

Baca juga : Pemprov DKI Dan Jakpro Serahkan Dokumen Event Formula E Ke KPK

Aditia bilang, banyak faktor yang bisa jadi penyebab tidak stabilnya kualitas sinyal Wifi, seperti jarak user dari perangkat Wifi dan adanya obstacle antara user dengan perangkat Wifi.

Stimulus UMKM

Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Jakarta Selatan A Laftranta Siregar sangat mendukung adanya JakWifi. Internet gratis ini sangat bermanfaat bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Baca juga : PUPR Targetkan 5 Kecamatan Kuningan Bebas Kemiskinan Ekstrem

Kata dia, diperlukan infrastruktur penunjang bagi sektor UMKM yang menjadi kunci bergeraknya sektor ekonomi di tengah pandemi.

“Akses internet gratis dari pemerintah ini menjadi stimulus dan sangat membantu UMKM. Ini perlu kami dukung,” ujar Afan, sapaan akrab A Laftranta Siregar.

Afan menjelaskan, di era digital saat ini para pelaku UMKM merupakan prioritas bagi program Kadin, meski beberapa pelaku usaha tidak memerlukan dukungan internet untuk memasarkan produknya.

Baca juga : DPR Dukung Pemerataan Akses Internet

“Jual produk tanpa masuk ke dalam era digital, saya rasa akan sulit. Untuk itu, kami akan memperkuat koordinasi dengan Dinas maupun Suku Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik agar pelaku UMKM lebih terbantu,” kata Afan. [DRS]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.