Dark/Light Mode

Banyak Supir Mengeluh

Gratiskan Dong Uji Emisi Untuk Angkot

Senin, 29 November 2021 06:45 WIB
Ilustrasi petugas melakukan uji emisi kendaraan roda empat. (Foto: Antara/Fauzan)
Ilustrasi petugas melakukan uji emisi kendaraan roda empat. (Foto: Antara/Fauzan)

 Sebelumnya 
Gratis Selasa & Kamis

Humas DLH DKI, Yogi Ikhwan mengatakan, DLH membuka layanan uji emisi kendaraan bermotor mobil dan motor gratis setiap Selasa dan Kamis. Lokasinya di bengkel Dinas Lingkungan Hidup DKI di Cililitan, Jakarta Timur.

“Kami buka pelayanan mulai pukul 08.00 hingga 14.00 WIB,” ungkap Yogi, kemarin.

Baca juga : Ratusan Pedagang Pasar Deklarasikan Dukungan Untuk Ganjar Pranowo

Untuk sementara ini, lanjut Yogi, pihaknya tidak menerapkan kuota layanan. Namun, pelayanan disesuaikan dengan waktu operasional. Dalam uji emisi gratis itu, kendaraan yang bukan registrasi DKI Jakarta juga diberikan pelayanan yang sama. Sedangkan bagi warga yang kendaraannya tidak lulus uji emisi, akan diminta untuk melakukan perawatan kendaraan di bengkel.

Ambang batas karbon monoksida yang ditentukan adalah 5,5 persen dan hidrokarbon sebesar 2.400 ppm.

Uji emisi gratis di bengkel Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta dibagi dalam tiga bagian. Yakni, pengendara sepeda motor, roda empat dan roda empat dengan bahan bakar solar.

Baca juga : Mentan Ajak Petani Jawa Tengah Gerakkan Ekonomi Dengan Food Estate

Untuk pengujian emisi sepeda motor, disiapkan dua alat uji emisi dengan masing-masing interval pengujian enam sepeda motor per antrean. Sedangkan untuk roda empat bahan bakar bensin, hingga tiga unit mobil dengan satu alat uji emisi.

Proses uji emisi berlangsung cepat. Yakni tidak kurang dari lima menit. Dan, menunggu tanda bukti uji emisi sekitar 10-15 menit. Masyarakat diimbau datang lebih pagi untuk menghindari antrean lebih panjang.

Selain di Dinas Lingkungan Hidup DKI, uji emisi untuk kendaraan sepeda motor juga dapat dilakukan di 14 bengkel swasta sesuai informasi yang diunggah di akun instagram @dinaslhdki, namun dikenakan biaya. [OSP]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.