Dark/Light Mode

Warga Rusun Bidara Cina Ngeluh

Pak Anies, Sumur Resapan Mangkrak Bahayakan Anak

Jumat, 17 Desember 2021 06:35 WIB
Ilustrasi, pekerja menyelesaikan pembuatan sumur resapan di Jakarta. (Foto: Khairizal Anwar/RM.id)
Ilustrasi, pekerja menyelesaikan pembuatan sumur resapan di Jakarta. (Foto: Khairizal Anwar/RM.id)

 Sebelumnya 
Menurut anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta ini, saat pembahasan anggaran pada 2 November lalu, Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta melaporkan anggaran sudah terserap Rp 370 miliar dengan realisasi 13 ribuan titik sumur resapan.

“Saya sih agak sanksi ya, 13 ribu titik itu di mana saja? Sudah minta datanya (ke Dinas SDA Jakarta) tapi belum dikasih juga,” ujarnya.

Justin menilai, kualitas sumur resapan yang per titiknya seharga Rp 16 juta-Rp 17 juta itu sangat buruk. “Ada orang yang kejeblos lah, ada mobil kejeblos lah,” katanya.

Baca juga : Pak Menpora, Sampai Kapan Harus Begini..?

Dia menganggap, dengan anggaran belasan juta semestinya berkualitas bagus. Konstruksinya kuat dan pengerjaannya rapi, sehingga tidak membahayakan warga.

Menurut Justin, di kompleks perumahannya di Cipinang, Pondok Bambu, Jakarta Timur, ada puluhan sumur resapan yang hanya digali. Namun, sudah sebulan tanah galiannya dibiarkan begitu saja.

Justin pun telah ngecek di lapangan, ada beberapa jalanan yang aspalnya sudah dibongkar tapi dibiarkan bolong, tidak dibikin sumur.

Baca juga : Tahun Depan, Tak Ada Proyek Sumur Resapan Di Jakarta

“Nggak tahu sekarang vendornya (pihak yang mengerjakan sumur resapan) pada ke mana, nggak kelihatan. Di beberapa tempat juga asal ditaro tali, yang talinya sudah roboh. Jadi kalau lampunya mati, orang pasti kejeblos nih. Kalau kayak gini, ini jadi sumur maut ya,” ucap Justin.

Bahkan, ada aduan warga yang mengaku wilayahnya jadi tergenang setelah dibangun sumur resapan. Lokasinya di kawasan Gedung Pertemuan Citra Garden 1, Kalideres, Jakarta Barat.

“Sebelumnya lokasi ini normal saja, namun pascapengerjaan malah timbul genangan di lokasi,” ujarnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.