Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Survei Jakarta Research Center (JRC)

Polemik Sumur Resapan, Kepuasan Publik Terhadap Anies Amblas

Rabu, 22 Desember 2021 09:54 WIB
Hasil survei kepuasan publik terhadap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan oleh Jakarta Research Center. (Foto: Ist)
Hasil survei kepuasan publik terhadap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan oleh Jakarta Research Center. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Persoalan banjir masih menjadi salah satu masalah utama di ibukota. Berbagai upaya dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta maupun pemerintah pusat untuk menanggulanginya.

Langkah yang paling umum dilakukan adalah menormalisasi sungai untuk mengurangi luapan banjir. Sejak Anies Baswedan menjabat Gubernur DKI Jakarta, solusi normalisasi tidak lagi menjadi prioritas.

Langkah terbaru yang digenjot Anies adalah membangun sumur-sumur resapan di penjuru wilayah ibu kota. Pemprov DKI Jakarta menargetkan sebanyak 26.932 titik hingga akhir tahun ini.

Dalam kenyataan di lapangan, pembangunan sumur resapan menuai kontroversi. Sejumlah sumur resapan dibangun di badan jalan, hingga mengganggu kenyamanan pengguna jalan.

Baca juga : PDIP Dan PSI Unggul Di DKI

Salah satunya jeblos setelah dilindas mobil milik politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Isyana Bagoes Oka. Banjir kritik pun mengalir deras. Dampaknya, tingkat kepuasan publik terhadap Anies tidak beranjak dari posisi rendah.

Temuan survei yang dilakukan Jakarta Research Center (JRC) menunjukkan kepuasan publik terhadap Anies hanya sebesar 36,0 persen. "Di tengah polemik sumur resapan dengan banyaknya keluhan masyarakat, tingkat kepuasan publik terhadap Anies turut amblas," kata Direktur Komunikasi JRC Alfian P di Jakarta pada Rabu (22/12).

Ketidakpuasan terhadap Anies mencapai 59,6 persen, sisanya tidak tahu/tidak jawab 4,4 persen. Sebagai catatan, program pembangunan sumur resapan sudah diawali sejak masa Jokowi menjabat gubernur.

Pada saat itu Jokowi menghitung perlu sumur resapan hingga 2 juta titik untuk mengatasi genangan banjir di ibukota. Ironisnya, upaya Anies menggenjot jumlah Sumur Resapan justru menuai kecaman publik.

Baca juga : KPK Sarankan Lembaga Survei Sertakan Poin Rekomendasi Dan Harapan Publik Terhadap Penegak Hukum9

Janji Anies dalam kampanye Pilkada DKI Jakarta 2017 adalah membangun drainase vertikal, yaitu meresapkan air ke dalam tanah, alih-alih normaisasi atau mengalirkan air ke laut.

"Publik mengharapkan solusi yang lebih komprehensif untuk mengatasi banjir, bukan semata-mata demi kepentingan politik," tandas Alfian.

Masalah besar di masa depan adalah kenaikan air laut dan turunnya permukaan tanah, tetapi rencana pembangunan tanggul laut tidak pernah disentuh Anies.

Sepanjang tahun ini kepuasan terhadap Anies selalu berada di bawah 40 persen. Sejumlah masalah menjadi sorotan publik, termasuk soal gelaran balap mobil listrik Formula E. Setelah didera upaya interpelasi, penentuan venue terkatung-katung, padahal pohon-pohon di Monas telanjur dibabat.

Baca juga : Sukses Atasi Pandemi, Kepuasan Publik Kepada Jokowi Melejit

Belakangan armada Bus Transjakarta juga berturut-turut mengalami kecelakaan. Dirintis pada masa Sutiyoso, pembangunan transportasi publik terus digenjot guna mengatasi kemacetan di ibukota. Berbagai moda dibangun seperti MRT dan LRT, sehingga diperlukan integrasi antar-moda.

"Tantangan Anies sangat berat dengan sisa masa jabatan kurang dari setahun, tidak bisa hanya dengan mengklaim prestasi mendapat puluhan penghargaan," pungkas Alfian.

Yang terbaru, Anies membanggakan pembangunan stadion internasional yang sudah dirintis sejak masa Fauzi Bowo.

Survei Jakarta Research Center (JRC) dilakukan pada 10-15 Desember 2021, secara tatap muka kepada 800 responden mewakili seluruh wilayah di DKI Jakarta. Metode survei adalah multistage random sampling, dengan margin of error ±3,4 persen dan pada tingkat kepercayaan 95 persen. [MRA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.