Dark/Light Mode

Survei Jakarta Research Center (JRC)

PDIP Dan PSI Unggul Di DKI

Rabu, 22 Desember 2021 09:28 WIB
Hasil survei elektabilitas partai politik di Ibu Kota oleh Jakarta Research Center (JRC). (Foto: Ist)
Hasil survei elektabilitas partai politik di Ibu Kota oleh Jakarta Research Center (JRC). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Temuan survei yang dilakukan Jakarta Research Center (JRC) menunjukkan PDI Perjuangan dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) unggul di DKI Jakarta. Elektabilitas PDIP bertengger di angka 22,1 persen, sedangkan PSI di urutan kedua sebesar 18,0 persen.

"Jika pemilu digelar saat ini, PDIP dan PSI diprediksi menguasai DKI Jakarta," kata Direktur Komunikasi JRC Alfian P di Jakarta dalam keterangannya, Rabu (22/12).

Jika digabungkan, elektabilitas kedua partai politik itu mencapai 40 persen. Menurut Alfian, PDIP dan PSI merupakan dua parpol yang kerap mengkritisi kebijakan eksekutif di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Baca juga : Survei CISA: PDIP Makin Ajeg Di Puncak

Wakil-wakil kedua parpol di DPRD DKI Jakarta dikenal paling lantang bersikap terhadap langkah-langkah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Dari soal penanganan banjir di ibu kota, penyusunan APBD DKI Jakarta, hingga menggulirkan interpelasi terhadap program balap mobil listrik Formula E.

Terakhir, pembangunan sumur-sumur resapan yang membuat kerusakan di sejumlah badan jalan.

"Praktis hanya dua parpol tersebut yang paling gencar mengangkat persoalan yang menjadi polemik di tengah warga Jakarta," jelas Alfian.

Baca juga : Poros Jakarta-Den Haag Beri Solusi Penanganan Banjir Di DKI

Kritik yang dilancarkan PDIP dan PSI memberi insentif elektoral, terbukti elektabilitas keduanya jauh meninggalkan parpol-parpol yang lain.

Pada urutan berikutnya ada Golkar (8,0 persen) dan Gerindra (6,4 persen), yang notabene bersama PDIP dan PSI sama-sama masuk dalam koalisi pendukung pemerintahan Jokowi di tingkat nasional. Di Jakarta, Anies didampingi oleh Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria yang berasal dari Gerindra.

Lalu ada PKS (5,1 persen), Demokrat (5,0 persen), Nasdem (4.0 persen), dan PKB (3,0 persen). Kemudian ada parpol baru Gelora (1,6 persen), PPP (1,5 persen), PAN (1,4 persen), Partai Ummat (1,3 persen), dan Perindo (1,0 persen). Pada papan bawah ada PBB (0,3 persen) dan Hanura (1,0 persen).

Baca juga : Survei CNN: PDIP Dan Golkar Paling Difavoritkan

Sisanya nihil, yaitu Berkarya, PKPI, Garuda, dan Masyumi Reborn. Parpol lainnya (0,6 persen), dan sisanya tidak tahu/tidak jawab (20,6 persen).

Survei Jakarta Research Center (JRC) dilakukan pada 10-15 Desember 2021, secara tatap muka kepada 800 responden mewakili seluruh wilayah di DKI Jakarta. Metode survei adalah multistage random sampling, dengan margin of error ±3,4 persen dan pada tingkat kepercayaan 95 persen. [MRA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.