Dark/Light Mode

Selama Libur Idul Fitri, Penumpang Commuter Line Naik 7,5 Persen

Jumat, 7 Juni 2019 14:21 WIB
KRK Commuter Line. (Foto: Twitter@InfoCommuterLine).
KRK Commuter Line. (Foto: Twitter@InfoCommuterLine).

RM.id  Rakyat Merdeka - KRL Commuter Line masih menjadi salah satu moda transportasi publik favorit bagi masyarakat di Jabodetabek dan sekitarnya untuk bepergian bersama keluarga pada Hari Raya Idul Fitri.

Dari catatan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI), volume pengguna KRL pada hari pertama Lebaran (5 Juni 2019) mencapai 629.983. Sementara pada hari kedua Lebaran (6 Juni 2019) menyentuh angka 794.715 penumpang.

"Dengan demikian secara keseluruhan ada 1.424.698 pengguna yang naik KRL pada hari pertama dan kedua Idul Fitri," ungkap VP Corporate Communications PT KCI, Anne Purba dalam siaran pers yang diterima rmco.id, Jumat (7/6).

Baca juga : Pramono Anung: Idul Fitri Adalah Sarana Menjaga Persatuan

Volume pengguna KRL di hari pertama dan kedua Idul Fitri tahun ini tumbuh 7,5 persen jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Hari pertama dan kedua Idul Fitri 2018, ada 1.324.480 penumpang KRL.

Pertumbuhan jumlah pengguna ini, menurut Anne, tidak lepas dari berbagai fasilitas layanan yang telah dipersiapkan KCI sejak sebelum masa angkutan Lebaran 2019 dimulai. "Salah satu yang dipersiapkan sejak awal adalah sarana yang andal," imbuhnya.

Selama masa angkutan lebaran ini PT KCI melayani pengguna dengan 83 rangkaian sarana KRL yang menempuh 938 perjalanan setiap harinya. Dari 83 rangkaian kereta tersebut, 5 di antaranya merupakan rangkaian KRL yang baru didatangkan dari Jepang pada tahun 2019 ini.

Baca juga : Jelang Lebaran, Penumpang di Bandara Sultan Hasanuddin Malah Turun

Selain sarana, PT KCI juga menyiapkan 13 unit toilet portabel di lima stasiun, 11 unit ruang menyusui tambahan di sepuluh stasiun, dan 15 personil customer service mobile tersebar di 6 Stasiun.

Selain itu, untuk mempercepat transaksi, PT KCI juga menyiapkan 28 unit loket portabel. "Itu melengkapi 236 unit vending machine dan 192 loket yang tersedia di 80 stasiun," ungkap Anne.

PT KCI menghimbau para pengguna yang hendak menggunakan KRL untuk senantiasa mengikuti aturan dan tata tertib yang berlaku di dalam stasiun dan KRL.

Baca juga : Layani Mudik, Penjualan SPBU Meningkat 300 Persen

Penjelasan mengenai aturan, tata tertib, kiat aman nyaman menggunakan KRL, dan berbagai informasi terbaru dapat diikuti pengguna melalui sosial media KCI di Twitter @CommuterLine, Instagram @commuterline, Facebook Info Commuter Line dan call center (021) 121. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.