Dark/Light Mode

Kejari Depok Tetapkan 2 Tersangka Dugaan Korupsi Di Dinas Damkar Depok

Kamis, 30 Desember 2021 17:01 WIB
Kejaksaan Negeri Depok. (Foto: Ist)
Kejaksaan Negeri Depok. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kejaksaan Negeri (Kejari) Depok menetapkan dua tersangka dalam kasus dugaan perkara tindak pidana korupsi di Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Depok. Keduanya adalah mantan Sekretaris Dinas Damkar berinisial AS dan Bendahara Pengeluaran Pembantu, A.

Kepala Kejari Kota Depok Sri Kuncoro mengatakan, Kasi Pidana Khusus (Pidsus) membagi penyelidikan dalam dua klaster. Pertama, tindak pidana korupsi dalam pengadaan seragam dan sepatu PDL anggaran 2017-2018.

Baca juga : Polri Tetapkan Dua Tersangka Kapal Karam di Malaysia

"Ditetapkan tersangka AS, sebagai pejabat pembuat komitmen pada saat itu masih menjabat sebagai Sekretaris Dinas (Sekdis) Damkar Kota Depok. Namun sekarang sudah tidak menjabat lagi alias mantan, " ujarnya kepada wartawan, Kamis (30/12).

Kuncoro mengungkapkan, korupsi yang dilakukan AS menimbulkan kerugian sebesar Rp 250 juta. Sementara klaster kedua adalah kasus korupsi pemotongan upah dan honorer tahun anggaran 2016-2020 dengan tersangka A. Kerugian yang ditimbulkan A, mencapai Rp 1,1 miliar.

Baca juga : Omicron Merajalela, Pemberangkatan Umroh Diundur Hingga Tahun Depan

"Untuk klaster satu dengan tersangka AS ini kita kenakan Pasal 2 ayat 1 atau Pasal 3 UU No. 31 Tahun 1999 Tindak Pidana Perkara Korupsi Jo Pasal 18 dan Jo Pasal 55 karena pelaku bisa bertambah. Sedangkan pelaku A dikenakan Pasal 2, 3, 9, serta Pasal 18 UU No. 3 Tahun 1999," tandasnya. [DRS]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.