Dark/Light Mode

Ini Rest Area Yang Diberlakukan Buka Tutup Selama Arus Balik

Minggu, 9 Juni 2019 09:19 WIB
Rest Area Tol Cikampek Arah Jakarta diberlakukan buka tutup untuk mengurai kemacetan arus balik lebaran Idul Fitri 1440 H. Ilustrasi/Ist
Rest Area Tol Cikampek Arah Jakarta diberlakukan buka tutup untuk mengurai kemacetan arus balik lebaran Idul Fitri 1440 H. Ilustrasi/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Jasa Marga bakal menerapkan buka-tutup rest area secara situasional untuk meminimalisir tingkat kemacetan akibat semakin padatnya kendaraan pemudik saat arus balik.

Keputusan buka tutup rest area ini hasil rapat koordinasi antarpemangku kepentingan di Pos Pantau GT Cikampek Utama, Sabtu (8/6/2019).

Sistem buka tutup untuk tempat istirahat yang berada di sepanjang jalan Tol Jakarta-Cikampek, mengarah ke Jakarta saat arus balik.

Baca juga : Transjakarta Berikan Layanan Gratis Saat Arus Balik

Penutupan akan berlangsung selama 12 jam, mulai pukul 12.00-24.00 WIB dilakukan secara situasional. Sejumlah rest area yang ditutup antara lain, rest area KM 62-B, KM 52-B, KM 42-B, dan KM 32-B.

Kepala Korlantas Irjen Refdi Antri menjelaskan, polisi mendukung penuh buka-tutup di Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Selain itu, polisi akan menindak tegas pemilik kendaraan yang berhenti di bahu jalan dekat rest area.

“Kami akan menambah petugas Kepolisian wilayah di masing-masing area agar titik-titik kepadatan menjelang rest area dapat diantisipasi oleh petugas lebih dini. Selain itu, petugas Kepolisian juga akan membantu proses buka tutup rest area secara situasional,” jelas Refdi.

Baca juga : Waspadai, Hujan Lebat Dan Angin Kencang Saat Arus Balik

Direktur Operasi Jasa Marga Subakti Syukur tetap mengimbau pengguna tol agar mengindari rest area di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta saat rekayasa one way berlangsung.

“Kami tetap mengimbau pengguna jalan dapat mampir ke rest area-rest area sebelum masuk ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek, terutama rest area arah Jakarta. Isi penuh BBM, top up uang elektronik dan beristirahatlah sebelum memasuki Jalan Tol Jakarta-Cikampek,” jelas Subakti.

Jasa Marga berharap pengguna jalan tol dapat menggunakan rest area sesuai dengan kebutuhan, dan bersikap bijak dalam menghabiskan waktu di rest area agar dapat bergantian dengan pengguna jalan lainnya.

Baca juga : Dari Boston AS, Sandi Ucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri

“Tetap hati-hati berkendara, perhatikan rambu-rambu dan arahan petugas di lapangan. Pastikan kecukupan saldo uang elektronik dan BBM sebelum memasuki jalan tol agar perjalanan lebih nyaman,” kata Corporate Communication Departement Head Jasa Marga Irra Susiyanti. (FAZ)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.