Dark/Light Mode

Ada Siswa Positif Covid, PTM Di SMAN 4 Gambir Tetap Berlanjut

Senin, 17 Januari 2022 22:05 WIB
Ilustrasi sisw SMA saat melakukan pembelajaran tatap muka (PTM). (Foto: Rendi Tri Kurniawan/Rakyat Merdeka)
Ilustrasi sisw SMA saat melakukan pembelajaran tatap muka (PTM). (Foto: Rendi Tri Kurniawan/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di SMAN 4, yang berlokasi di Jalan Batu III, Gambir, Jakarta Pusat, tetap berlanjut meski ada satu siswa kelas XII di sekolah tersebut positif Covid-19.

Kepala SMAN 4 Jakarta, Heriyanto mengatakan. PTM di sekolah tersebut tetap berjalan, kecuali satu kelas yang terdapat siswa yang terkonfirmasi positif itu. Sekolah memberlakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) untuk kelas tersebut.

Baca juga : Kang Emil Klaim Vaksinasi Covid Di Jabar Capai 80 Persen

"Setelah koordinasi dengan Sudin (Pendidikan), Puskesmas Gambir, diputuskan PTM tetap berjalan, cuma untuk kelas yang ada anak (positif) itu dihentikan dulu, jadi PJJ," ujar Heriyanto seperti dilansir Antara di Jakarta, Senin (17/1).

Heriyanto mengatakan, keputusan untuk melanjutkan PTM selain di kelas yang terdapat siswa positif, merupakan kebijakan dari Puskesmas Kecamatan Gambir.

Baca juga : Satu Siswa Positif Covid, SMAN 71 Jaktim Kembali Sekolah Online

Berdasarkan kronologi, siswa tersebut terpapar dari klaster keluarga, yakni sang kakak yang baru melakukan perjalanan dari luar daerah. Siswa tersebut merasakan gejala Covid-19 sepulang dari sekolah pada Selasa (11/1). Kemudian, ia memutuskan untuk tidak berangkat ke sekolah keesokan harinya pada Rabu (12/1).

"Hari Selasa dia 'enggak' enak badan sepulang sekolah. Dia memutuskan tidak masuk dari Rabu sampai sekarang, kemudian Jumat (14/1) kemarin kita sekolah baru mengetahui (siswa) positif," ujar Heriyanto.

Baca juga : Sembarangan Nyuntik Vaksin Covid, Guru Di AS Ditahan

Selain melakukan PJJ, sekolah juga memerintahkan seluruh siswa di kelas yang terpapar itu melakukan tes PCR. Total sebanyak 50 siswa, guru dan karyawan dilakukan tes usap oleh Puskesmas Kecamatan Gambir.

Heriyanto mengatakan, pihak sekolah juga memaklumi jika ada orang tua yang tidak mengizinkan anaknya untuk PTM. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.