Dark/Light Mode

Blusukan Ke Jakarta International Stadium

Ruangan VVIP Stadion Sudah Dites Kebal Bom

Selasa, 18 Januari 2022 06:46 WIB
Proyek pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) hampir rampung. (Foto: Antara/Muhammad Adimaja)
Proyek pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) hampir rampung. (Foto: Antara/Muhammad Adimaja)

 Sebelumnya 
Kami pun belok kanan, menuju lift untuk langsung ke lantai 3, ruang konferensi pers. Di situ sudah ada Manajer Proyek JIS Arry Wibowo. Ruangannya mirip bioskop. Kursinya warna oranye dipadu abu-abu, berjejer mengikuti anak tangga.

“Ruangan ini sudah rampung 100 persen. Ruangan ini juga terkoneksi langsung dengan ruangan media, sehingga nanti teman-teman bisa langsung membuat berita,” jelas Arry membuka pembicaraan.

Dan, hari itu, ruangan konferensi pers JIS digunakan untuk pertama kalinya. Arry menyebut, progres pembangunan JIS di pekan ke-123 sudah mencapai 93,85 persen. Pekerjaan sisa 6 persen untuk area interior dan pemasangan atap buka tutup.

Baca juga : Juara Adelaide International, Barty Raih Penglaris Di Awal Musim 2022

“Saat ini kami hampir menyelesaikan pekerjaan di main stadium. Mulai dari pengerjaan ETFE (ethylene tetrafluoroethylene) roof. Kemarin sudah dipasang atap metal, sekarang kami memasang atap membran transparan ETFE,” katanya.

Arry memastikan, instalasi rangka untuk buka tutup atap hampir rampung karena mesinnya sudah naik. Instalasi ini diharapkan bisa dipakai pada pertengahan Maret mendatang.

“Area tribun sudah terpasang 30.000 kursi reguler, baik itu Tier 1, Tier 2, atau Tier 3. Jadi untuk Februari kursi penonton JIS bakal rampung,” ungkap Arry yang menyebut kapasitas penonton JIS 82 ribu.

Baca juga : PLN Pasok Listrik 5,54 MVA Ke Jakarta International Stadium, Ikon Baru Ibu Kota

Menurut Arry, ruang VIP dan ruang VVIP sudah selesai 100 persen. Fasilitas toilet pun sudah terpasang, mulai dari closet, shower kecil, kaca, hingga wastafel. Kemudian, rombongan diajak melihat secara lebih dekat bagian tribun penonton.

Dari tribun, rumput hijau lapangan langsung menarik mata. Dijelaskannya, rumput itu merupakan hybrid atau perpaduan antara rumput sintetis dan rumput alami. Makanya, atapnya menggunakan membran transparan, agar rumput alaminya bisa tetap hidup.

Di dalam stadion, lampu, papan skor, dan layar LED sudah terpasang dan berfungsi dengan baik. Sebagian bangku tribun berwarna oranye dan sudah dipasang. Khusus untuk tribun VVIP, dibatasi kaca.

Baca juga : Produk UMKM Indonesia Di Serbu Warga Thailand

“Itu kaca anti peluru, bahkan anti bom. Sudah dites. Tebalnya sekitar 6 centimeter,” jelas Arry.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.