Dark/Light Mode

Cek Banjir Malam-malam

Anies Kerja Di Kegelapan

Senin, 24 Januari 2022 07:40 WIB
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (kedua kiri) meninjau lokasi banjir di Tegal Alur, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat, Sabtu (22/1/2022). (Foto: Instagram @aniesbaswedan)
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (kedua kiri) meninjau lokasi banjir di Tegal Alur, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat, Sabtu (22/1/2022). (Foto: Instagram @aniesbaswedan)

 Sebelumnya 
Minggu (23/1) pagi, banjir yang sudah beberapa hari melanda sejumlah pemukiman di wilayah Tegal Alur, akhirnya, surut total. Warga yang dibantu petugas DKI seperti Pasukan Kuning, Pasukan Hijau dan SatPol PP, mulai sibuk membersihkan sisa-sisa banjir.

Namun, upaya Anies dalam penanganan banjir termasuk melakukan cek lapangan pada tengah malam, tetap masih belum memuaskan lawan politiknya. Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang selama ini dikenal paling berisik mengomentari kinerja Anies, tetap saja menyampaikan kritik.

Politisi PSI, Rian Ernest menilai, banjir yang terjadi saat ini tidak separah tahun-tahun sebelumnya. Namun, kata dia, kondisi ini terjadi bukan lantaran keberhasilan Anies dalam menangani banjir di Ibu Kota. Ia menyebut, Anies sedang hoki alias beruntung saja.

Baca juga : Terjang Banjir, Kapolsek Teluknaga Gotong Keranda Jenazah Warga

“Logika kita saja kalau normalisasi enggak dilaksanakan, naturalisasi enggak dilaksanakan lalu tidak ada banjir, ya mungkin lagi hoki saja Pak Gubernur Anies,” kata Ernest dalam diskusi bertajuk ‘Anies-Giring Berbalas Sindiran di Ibu Kota yang digelar Total Politik’ di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, kemarin.

Ia tak dapat membayangkan, jika curah hujan tinggi mengepung Jakarta. Maka banjir besar akan melanda dan tentunya tidak bisa hanya mengandalkan penyedotan oleh pompa-pompa milik Pemprov DKI.

“Saya nggak tahu kalau curah hujan luar biasa, jangan sampai, jangan sampai...,” lanjutnya.

Baca juga : Nikita Mirzani Catut Nama Alm Henry Soetio, Keluarga Tak Terima, Ini Alasannya...

Dihubungi terpisah, pengamat politik Universitas Paramadina, Hendri Satrio mengaku tak heran kenapa PSI begitu keras terhadap Anies. Justru Hendri menduga, sebenarnya PSI itu sangat mengidolakan Anies.

“PSI ini jangan-jangan tim suksesnya Anies. Karena dia itu spesifik nyerangnya Anies, dan yang diserang sudah bagus, kayak JIS (Jakarta International Stadium), Formula E, termasuk banjir yang beberapa solusinya sudah dijalankan Anies seperti lewat sumur resapan,” kata Hensat, sapaan karibnya kepada Rakyat Merdeka, tadi malam.

Hitungannya, kritik yang kian sering dilancarkan PSI belakangan ini justru secara tidak langsung membuat Anies bahan pembicaraan publik. “Enggak ada partai lain yang sesering PSI ngomongin Anies. Ya bisa juga PSI numpang tenar, tapi sama-sama untung juga. Anies kan jadi punya alasan untuk menjelaskan programnya. Sadar atau tidak sadar, PSI membesarkan Anies juga,” pungkasnya. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.