Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Cek Banjir Malam-malam

Anies Kerja Di Kegelapan

Senin, 24 Januari 2022 07:40 WIB
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (kedua kiri) meninjau lokasi banjir di Tegal Alur, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat, Sabtu (22/1/2022). (Foto: Instagram @aniesbaswedan)
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (kedua kiri) meninjau lokasi banjir di Tegal Alur, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat, Sabtu (22/1/2022). (Foto: Instagram @aniesbaswedan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan jadi sasaran kritik lawan politiknya akibat banjir yang melanda sebagian wilayah Ibu Kota, pekan kemarin. Menanggapi kritik itu, Anies memilih tidak banyak bicara. Malam-malam, Anies turun langsung ke lapangan untuk ngecek wilayah Jakarta yang dilanda banjir.

Pemukiman padat penduduk di Tegal Alur, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat, jadi salah satu wilayah yang terkena dampak banjir paling lama. Sekitar 5 hari, banjir yang melanda kawasan tersebut, tidak surut-surut. Padahal, di daerah lain, banjir hanya bertahan hitungan jam, lalu segera surut. Nggak heran, banjir Tegal Alur ini dijadikan bahan serangan kepada Anies.

Sabtu (22/1) malam, Anies yang baru saja tiba di Jakarta setelah melakukan kegiatan di Makassar, Sulawesi Selatan, langsung meluncur ke kawasan Tegal Alur. Anies berada di sana sekitar pukul 23.25 WIB, jelang tengah malam.

Baca juga : Terjang Banjir, Kapolsek Teluknaga Gotong Keranda Jenazah Warga

Lalu, sekitar setengah jam kemudian, pukul 00.04 WIB, Anies bergeser ke daerah lain. Tepatnya, di kawasan Jalan Atang Sanjaya, Benda, Kota Tangerang, Banten.

Dalam sidak malam-malam itu, Anies tidak sungkan-sungkan menyusuri pemukiman padat penduduk yang jalanannya masih tergenang air. Anies tampil mengenakan baju polo shirt, hanya dibalut rompi tipis bertuliskan Jakarta di punggungnya.

Saat Anies tiba, sejumlah petugas sedang berjibaku melakukan penyedotan air menggunakan pompa. Ia juga tampak melakukan koordinasi dengan beberapa pejabat dan petugas di lokasi.

Baca juga : Nikita Mirzani Catut Nama Alm Henry Soetio, Keluarga Tak Terima, Ini Alasannya...

Meskipun tengah malam, kedatangan Anies ternyata disambut antusias warga setempat. Banyak warga yang memanfaatkan momen tersebut untuk berfoto bareng bersama eks Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu. Dengan sabar, Anies meladeni satu-persatu permintaan warganya tersebut.

“Mudah-mudahan semuanya sehat ya,” ucap Anies sebagaimana di-posting dalam story Instagramnya. “Makasih ya, Pak,” sahut warga.

Kepala Dinas Sumber Daya Air Pemprov DKI, Yusmada Faizal mengatakan, area genangan air yang dikunjungi Anies itu merupakan dataran rendah dan banyak cekungan yang berada di sekitar kali Semongol atau Kamal yang bermuara ke laut Kamal Muara. Area ini adalah pinggir dari Tegal Alur, Kalideres, yang hulunya ada di Kota Tangerang.

Baca juga : Cassandra Angelie, Sering Ditinggal Lelaki

“Area ini walau nggak hujan, kalau air laut pasang saja, jadi tergenang. Persoalan utama area ini adalah sangat terpengaruh pasang surut air laut,” kata Yusmada, kemarin.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.