Dark/Light Mode

Ribuan Orang Banjiri Even Animetoko Di MOI

Omicron Makin Ngamuk Kok Malah Berkerumun

Selasa, 25 Januari 2022 07:07 WIB
Pengunjung berkerumun saat eksebisi pernak-pernik khas anime serangkaian pada ajang Animetoku yang dibatalkan petugas di Mall of Indonesia (MOI) Jakarta Utara, Sabtu (22/1/2022). (Foto: Antara/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna)
Pengunjung berkerumun saat eksebisi pernak-pernik khas anime serangkaian pada ajang Animetoku yang dibatalkan petugas di Mall of Indonesia (MOI) Jakarta Utara, Sabtu (22/1/2022). (Foto: Antara/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelanggaran protokol kesehatan (prokes) di ajang Animetoko bikin kita mengelus dada. Ribuan orang nekat berkerumun dan tanpa menjaga jarak demi hadir ke acara itu, meskipun kasus Covid-19 varian Omicron di Ibu Kota makin mengganas.

Animetoku merupakan pameran figure dan merchandise anime Jepang. Kegiatan itu digelar pada 14-23 Januari 2022 di Mall Of Indonesia (MOI). Di media sosial TikTok, viral sebuah video yang merekam ribuan orang berkerumun di ajang itu. Dalam video yang dibagikan akun @anggelaacecilia, pengunjung membludak, berkerumun, dan tak menjaga jarak. Video ini pun menjadi sorotan warganet.

Baca juga : Omicron Tak Bikin Pneumonia Parah

“Kalau nggak ada kepentingan jangan kesini guys! Rame banget lautan manusia,” tulis @anggelaacecilia dalam videonya lengkap dengan emoticon menangis.

For your info aja yah! ini rame banget sampe macet,” tambahnya pada caption video.

Baca juga : 184 Ribu Orang Dari Nakes, TNI Dan Polri Di Jabar Jadi Target Vaksin Booster

Merespons kondisi itu, penyelenggara Animetoku 2022 mengambil beberapa tindakan untuk mencegah kerumunan. Salah satunya, membatalkan beberapa acara seperti on-stage bersama sejumlah bintang tamu dan cosplay competition.

“Melihat kondisi hari Sabtu ini yang sangat ramai. Dan, untuk mencegah adanya kerumunan yang lebih peak besok. Serta untuk tetap menjaga even dengan protokol kesehatan yang ketat, maka semua acara on-stage dan cosplay competition untuk besok Minggu dengan terpaksa dan berat hati kami batalkan,” ujar panitia melalui akun resmi Instagram @animetokucon yang dikutip Minggu (23/1).

Baca juga : Ratusan Korban Banjir Di Kudus Masih Bertahan Di Pengungsian

Tak hanya itu, pihak penyelenggara dan MOI juga melarang cosplayer dan pengunjung umum ber-cosplay lagi. Hal ini ditujukan untuk menghindari kerumunan dalam satu titik seperti sebelumnya.

Meski banyak gelaran dibatalkan, penyelenggara memastikan Animetoku tetap berjalan secara terbatas.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.