Dark/Light Mode

CEO Ruangguru: Masuk Stanford Jauh Lebih Susah Ketimbang Harvard

Minggu, 16 Juni 2019 18:17 WIB
CEO & Founder Ruangguru, Adamas Belva Syah Devara usai meraih gelar Master of Business Administration dari Stanford University, empat tahun lalu. (Foto: IG @belvadevara)
CEO & Founder Ruangguru, Adamas Belva Syah Devara usai meraih gelar Master of Business Administration dari Stanford University, empat tahun lalu. (Foto: IG @belvadevara)

 Sebelumnya 
"Pernah CEO Google, CEO game company startup, CEO investor teknologi besar dunia semua ngajar di kelas. Bahkan, gw pun pernah ambil kelas Condoleezza Rice (mantan Menteri Luar Negeri AS) di pelajaran Ekonomi dan Politik Global. Ini ilmunya banyak banget, dan mengubah perspektif gw memimpin perusahaan teknologi sekarang," imbuhnya.

Selain itu, Stanford juga menawarkan berbagai kelas pengembangan diri. Kelas ini mengajarkan bagaimana menjadi mentor, mengenal emosi, kepemimpinan, psikologi tim, berbicara di depan umum, debat, teknik negoisasi, meningkatkan pengaruh personal, menyelesaikan konflik, menghadapi krisis, dan sebagainya.

Baca juga : Janji Setia Solskjaer

"Ini pun diajari oleh instruktur terbaik dunia. Di sana, semua kelas butuh belanja mandiri. Jadi, masuk kelas, udah tinggal diskusi/simulasi mendalam, dan aplikasinya sesuai pengalaman nyata. Bagi yang terbiasa masuk kelas dengan otak kosong, dan maunya disuapin guru/dosen, siap-siap kaget dan ketinggalan," papar anak muda yang pernah meraih penghargaan bergengsi dari Majalah Forbes, Forbes 30 Under 30 Asia pada tahun 2017.

Selain itu, lanjutnya, banyak aktivitas menarik lain yang ditawarkan Stanford. Misalnya saja, semua siswa wajib eksplorasi negara baru.

Baca juga : Ratusan Pengusaha Tambang Geruduk DPR

"Gw dulu pilih ke negara Afrika Selatan dan eksplorasi dengan tema pendidikan. Selain itu, dituntut banyak juga aktivitas organisasi. Gw pun sempat dipilih oleh angkatan sebagai Presiden Asia Business Club di Stanford," pungkas penerima penghargaan Anugerah Indonesia Maju 2019 kategori Pioneer of Education Technology Startup dari Harian Rakyat Merdeka dan Majalah Warta Ekonomi.

Siapa yang bercita-cita mau masuk Stanford juga? [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.