Dark/Light Mode

PPDB Se-Jabodetabek Gelar Vaksinasi Booster Di HKBP Suprapto

Jumat, 4 Maret 2022 14:44 WIB
Trimedya Panjaitan, Ketua Umum PPDB se-Jabodetabek meninjau vaksinasi booster di Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Suprapto, Jalan Swadaya V Nomor 52, Cempaka Baru, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (4/3). (Foto: Istimewa)
Trimedya Panjaitan, Ketua Umum PPDB se-Jabodetabek meninjau vaksinasi booster di Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Suprapto, Jalan Swadaya V Nomor 52, Cempaka Baru, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (4/3). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jumat (4/3) sekitar pukul 8 pagi, warga mulai berdatangan ke Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Suprapto, Jalan Swadaya V Nomor 52, Cempaka Baru, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Mereka ingin suntik vaksin dosis ketiga atau booster yang diadakan di Gereja kerjasama dengan Punguan Panjaitan Dohot Boruna (PPDB) Se-Jabodetabek. Agar tertib dan tidak terjadi penumpukan, warga diarahkan masuk melalui pintu samping kanan.

Di pintu, warga dicek suhu tubuh, kemudian mengambil formulir. Setelah mengisi formulir, warga pun masuk ke dalam Gereja, menunggu nama atau nomor antriannya dipanggil panitia.

Begitu namanya dipanggil warga bergegas ke meja skrinning. Lalu, masuk ke aula untuk dicek suhu dan tekanan darah. Kemudian bergeser ke meja penyuntikan vaksin.

Kelar. Warga keluar melalui pintu belakang yang tembus ke samping aula. Di sana disedikan kursi untuk beristirahat sambil menunggu kartu vaksinasi.

Warga yang sudah mendapatkan kartu vaksinasi kemudian diberi kupon untuk pengambilan sembako gratis. Tak hanya itu warga yang sudah divaksin booster juga memperoleh bingkisan dari Kino yang berisi: Cincau Cap Panda, Larutan Cap Kaki Tiga, Sleek Handwash, Instance Hand Sanitizer dan lain-lain.

Baca juga : SehatQ Gelar Sentra Vaksinasi Booster Di ITC Kuningan

Untuk menghindari penumpukan, warga yang sudah divaksin diimbau untuk pulang. Sebab semakin siang makin banyak warga yang berdatangan.

Melda Rosalin Sidabutar, salah seorang peserta vaksin mengaku senang. Menurutnya acara vaksinasi ini sangat membantu dirinya.

"Nggak usah jauh-jauh atau ribet daftarnya. Apalagi di sini proses dan tahapannya juga cepat," kata perempuan 35 tahun ini.

Terlebih usai vaksin juga dapat sembako dan bingkisan dari Kino. "Enak banget, sudah kita jadi sehat, dapat sembako dan bingkisan juga," ucap Melda yang mengaku antusias mengikuti vaksinasi ini dan sudah mendaftar sejak Rabu (2/3). "Supaya sehat dan biar pandemi ini cepat selesai," tandasnya.

Trimedya Panjaitan, Ketua Umum PPDB se-Jabodetabek yang merupakan inisiator vaksinasi booster ini mengatakan, acara ini adalah upaya untuk pemerintah dalam mempercepat capaian vaksinasi booster. Dan kegiatan ini merupakan yang ketiga kalinya.

"Vaksin (dosis) pertama, kedua dan ini ketiga. Dan saya sejak 1982 beribadah di Gereja HKBP Suprapto ini. Jamaat gereja di sini itu dari golongan ekonomi menengah ke bawah," kata Trimedya.

Baca juga : Gelar Gebyar Vaksinasi Booster Di 3 Daerah Jateng, IPDN Suntikkan 20 Ribu Dosis

Karena itu, dia ingin membantu agar jamaat HKBP Suprapto sehat, dia pun menginisiasi acara vaksinasi ini. Terlebih, banyak pengurus geraja yang hampir setiap minggu mengurus adat perkawinan dan orang meninggal yang ingin sehat. Ingin divaksin booster.

"Jadi akhirnya kita satuin aja, dari HKBP Suprapto dan PPDB se-Jabodetabek," jelasnya.

Politisi PDI Perjuangan ini berharap, sekecil apapun yang dilakukannya dapat membantu pemerintah agar target vaksinasi terpenuhi. "Dan animo warga juga cukup besar. Hari ini kita vaksinasi sekitar 700 orang," ucap Trimedya yang menjelaskan jika tahapan vaksinasi ini juga menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat.

Tak hanya saat pelaksanaan, aturan ketat juga berlaku bagi warga yang sudah mendapatkan tiket vaksin booster di PeduliLindungi atau sudah divaksin dosis dua minimal tiga bulan.

Sesuai peraturan Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Trimedya mengungkap peserta vaksinasi ini ada yang berasal dari Depok dan Bekasi. Mereka difasilitasi dengan bus dan diantigen sebelum berangkat. "Jangan sampai mereka kemari malah membawa penyakit, virus," ucapnya.

Untuk kali ini, ada 40 tenaga medis yang membantu vaksinasi ini. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada Charles Honoris yang sudah membantu untuk tenaga medis. "Saya kan nggak kenal sama pihak Kemenkes. Saya kenalnya Polisi, Hakim, Jaksa, jadi dibantuin Pak Charles," ujarnya.

Baca juga : Sentra Vaksinasi Booster Di Swiss-Belhotel Serpong Bidik 6.000 Orang

Dengan vaksinasi booster ini, Trimedya berharap semakin banyak orang yang dibooster. Sehingga tercipta herd imunity atau kekebalan kelompok.

Sarah Pia Desideria Br. Panjaitan, finalis Putri Indonesia 2022 asal Sumetera Utara yang turut hadir, mendukung dan mengapresiasi seluruh pihak yang terlibat dalam vaksinasi booster ini. Sebab acara seperti ini, kata dia, sesuai prinsipnya.

"Blessed to be a blessing, diberkati untuk menjadi berkat untuk sesama," kata Sarah.

Dengan melakukan vaksinasi booster, kata Sarah, dia yakin dan percaya akan menuju Indonesia sehat. "Mari kita berdoa dan berusaha untuk bisa pulih bersama, berdiri lebih kuat di tengah pandemi Covid-19 ini, salah satunya dengan vaksinasi booster," ajaknya.

Pdt Adven Leonard Nababan, D. Min, mengucapkan terima kasih kepada Trimedya Panjaitan yang telah mengadakan vaksinasi booster di Gereja HKBP Suprapto. "(Acara ini) inisiatornya dari jemaat kita, seorang tokoh di HKBP dan di bangsa kita, Bapak Trimedya Panjaitan," ucapnya.

Adven juga mengapresiasi Sarah yang di tengah kesibukannya mau mengunjungi dan mensosialisasikan vaksinasi booster. "Kita doakan agar Inang Sarah menjadi pemenang (Putri Indonesia 2022) yang akan dilaksanakan Mei 2022," tegasnya. [DRS]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.