Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dihadiri Menkes Dan Dubes AS

Sentra Vaksinasi Booster Di Swiss-Belhotel Serpong Bidik 6.000 Orang

Selasa, 1 Maret 2022 11:55 WIB
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin saat meninjau sentra vaksinasi dosis ketiga atau booster, di Swiss-Belhotel, Serpong, Tangsel, Selasa (1/3). (Foto: Istimewa)
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin saat meninjau sentra vaksinasi dosis ketiga atau booster, di Swiss-Belhotel, Serpong, Tangsel, Selasa (1/3). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) berkolaborasi dengan Traveloka dan Meeting Targets and Maintaining Epidemic Control (EpiC) USAID, mendirikan sentra vaksinasi dosis ketiga atau booster, di Swiss-Belhotel, Serpong, Tangerang Selatan.

Sentra vaksinasi ini, dibuka selama lima hari. Mulai 28 Februari, hingga 4 Maret mendatang. Kegiatan ini menargetkan vaksinasi terhadap 6.000 anggota masyarakat berusia 18 tahun ke atas. 

Pembukaan sentra vaksinasi ini dihadiri Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin dan Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Sung Y Kim. Budi memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan sentra vaksinasi booster tersebut.

Pembukaan sentra vaksinasi itu dinilai mampu membantu pemerintah dalam percepatan vaksinasi, untuk mempercepat pembentukan kekebalan komunitas alias herd immunity.

 

Baca juga : Bank DKI Buka Sentra Vaksinasi Booster Lewat Jaki, Ini Jadwalnya

 

Tampak petugas medis dan peserta vaksinasi booster di Swiss-Belhotel Serpong, Tangsel, Selasa (1/3). (Foto: Istimewa).

 

Mantan Direktur Utama Bank Mandiri itu mengungkapkan, capaian vaksinasi dosis pertama telah mencapai 91 persen. Dosis kedua, sebesar 67 persen. Namun, untuk dosis ketiga atau booster, masih berada di angka 4 persen.

"Mengingat jumlah penerima vaksin yang masih tergolong rendah, maka dibutuhkan dukungan dan kerja sama dari berbagai pihak untuk mendorong distribusi vaksinasi dosis lanjutan ini di Tanah Air. Untuk itu, kami mengapresiasi partisipasi aktif dari Traveloka, Dinkes Kota Tangerang serta EpiC USAID untuk pelaksanaan sentra vaksinasi ini," ujar Budi, Selasa (1/3).

Selain untuk menjalani vaksinasi tahap ketiga, mantan Wakil Menteri.BUMN ini juga mengimbau masyarakat untuk tetap taat menerapkan protokol kesehatan. "Terutama dengan meningkatnya angka kasus positif Covid-19 saat ini," imbuhnya.

Baca juga : IPDN Gelar Vaksinasi Booster Di 4 Lokasi Kabupaten Batang

Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie juga menilai, kehadiran sentra vaksinasi booster ini sangat dibutuhkan. Khususnya, untuk meredam lonjakan kasus di wilayah Tangsel yang belakangan mengalami peningkatan cukup tinggi, mencapai 23 ribu kasus.

"Untuk itu, saya mengimbau seluruh masyarakat yang berdomisili di Tangerang Selatan dan sekitarnya untuk segera mendapatkan vaksinasi dosis lanjutan, karena sangat penting bagi kita semua untuk mendapatkan perlindungan optimal guna mempertahankan kekebalan atau imunitas," imbaunya.

 

Menkes Budi Gunadi Sadikin (kelima kiri) saat menyaksikan sentra vaskinasi booster di Swiss-Belhotel, Selasa (1/3). (Foto: Istimewa).

 

Sementara Co-Founder Traveloka, Albert mengungkapkan, kehadiran sentra vaksinasi ini merupakan lanjutan dari inisiatif sebelumnya.

Baca juga : Disaksikan Jokowi, Sinar Mas Gelar Vaksinasi Booster Di Marunda Refinery

Traveloka sebelumnya mendirikan sentra-sentra vaksin bagi masyarakat, untuk dosis pertama dan kedua, yang mendapat sambutan luar biasa dengan lebih dari 10.000 total penerima vaksin.

"Sentra Vaksinasi Booster Covid-19 ini merupakan bagian dari komitmen kami untuk mendukung upaya pemerintah dalam membentuk herd immunity guna menanggulangi pandemi Covid-19 di Tanah Air sehingga dapat mendorong percepatan pemulihan ekonomi nasional," beber Albert.

Sentra vaksinasi booster ini dibuka untuk umum, mulai dari pukul 08:00-16:00 WIB. Syarat untuk menerima vaksin, yakni berusia di atas 18 tahun, sudah menerima vaksin pertama dan kedua, dan bukan penerima vaksin gotong royong.

Selain itu, untuk menerima vaksin dosis ketiga pada Traveloka Sentra Vaksinasi Booster Covid-19, masyarakat harus memiliki tiket vaksin dosis ketiga pada aplikasi PeduliLindungi dan juga melakukan registrasi secara online pada aplikasi Traveloka. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.