Dark/Light Mode

Harga Properti Mahal, Program DP 0 Persen Gagal

51,52 Persen Warga DKI Ngontrak Rumah

Senin, 14 Maret 2022 07:00 WIB
Suasana rumah susun sederhana milik (Rusunami) Klapa Village yang merupakan hunian dengan program DP (uang muka) Rp0 di Pondok Kelapa, Jakarta. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A).
Suasana rumah susun sederhana milik (Rusunami) Klapa Village yang merupakan hunian dengan program DP (uang muka) Rp0 di Pondok Kelapa, Jakarta. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A).

 Sebelumnya 
Namun, nyatanya program itu cuma wacana. Hanya untuk menarik dukungan saja. Karena, saat berjanji, tidak dipikirkan bagaimana mewujudkannya. Untuk merealisasikan program tersebut bukan hal yang mudah. Banyak kendala, seperti pembiayaan dari bank, pengadaan tanah dan sebagainya.

“Sekarang pengadaan tanah untuk program itu saja malah jadi masalah,” ujar Gilbert.

Politisi PDIP ini menilai, Anies lemah dalam hal komunikasi, perencanaan, pengawasan dan eksekusi. Sehingga menurut Gilbert, hampir semua program Pemprov DKI Jakarta tidak berjalan dengan semestinya.

Baca juga : Gatot Dapat Tenaga Baru

“Yang tercapai itu hanya program hibah saja. Dan itu pun, ya kita tahu sendiri lah, siapa yang mendapatkan hibah tersebut,” sindirnya.

Sementara untuk program yang lebih penting, seakan dibiarkan begitu saja.

“Coba lihat, realisasi program rumah DP 0 Rupiah, baru 758 unit saja,” sentilnya.

Baca juga : 73 Persen Percaya Media, 83 Persen Cemaskan Hoaks

Dan program ini, kata Gilbert, tidak tersentuh warga kelas menengah ke bawah. Sebab syaratnya memiliki gaji 14 juta per bulan.

“Orang yang memiliki gaji Rp 14 juta juga tidak akan mau beli rumah yang tidak ada tanahnya,” ucapnya.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan terus memperbaiki program tersebut.

Baca juga : Target Presiden, 70 Persen Warga Sudah Divaksin Sampai Akhir 2021

”Ya ini lagi terus diperbaiki,” kata Riza.

Masa bakti Anies-Riza akan selesai beberapa bulan lagi. Oleh karena itu, Riza menegaskan akan mengoptimalkan seluruh program yang belum tuntas, termasuk DP 0 Rupiah tersebut.

”Dalam waktu tersisa kita akan terus optimalkan semaksimal mungkin,” tuturnya.  [DRS]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.