Dark/Light Mode

Hore, Hari Ini Naik Transjakarta Gratis

Sabtu, 22 Juni 2019 11:19 WIB
Bus Transjakarta, terus memberikan layanan terbaik bagi warga DKI Jakarta dan sekitarnya (Foto: Istimewa)
Bus Transjakarta, terus memberikan layanan terbaik bagi warga DKI Jakarta dan sekitarnya (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam rangka HUT Kota Jakarta ke-492 yang jatuh pada hari ini, Sabtu (22/6), Pemprov DKI menggratiskan seluruh layanan Transjakarta, mulai pukul 05.00 hingga 24.00 WIB. Keputusan ini sesuai Surat Keputusan Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, tentang Penugasan untuk Penyediaan Layanan Transjakarta Gratis Dalam Rangka Kegiatan Hari Ulang Tahun Jakarta ke 492.

Terkait hal ini, Direktur Utama PT Transportasi Jakarta atau Transjakarta Agung Wicaksono, mengajak seluruh masyarakat untuk menggunakan layanan Transjakarta, untuk mengikuti seluruh rangkaian acara dalam rangka HUT ke-492 Kota Jakarta.

Baca juga : Pabrik Korek Api Gas di Langkat Terbakar, 28 Pekerja Wanita Tewas

Dengan 201 rute dan 2.500 unit kendaraan yang dimiliki, Transjakarta yang merupakan sistem BRT (Bus Rapid Transit) pertama di Asia Tenggara dan Selatan ini, telah menjangkau seluruh wilayah DKI.

Tepat di HUT ke-492 Kota Jakarta, Transjakarta sudah melayani 72 persen total populasi di DKI Jakarta dengan luas 429,96 km. Angka ini meningkat dibandingkan tahun 2018, yang menjangkau 67 persen populasi dengan luas 438, 8 km, dan 2017 dengan  62 persen populasi sepanjang 394,6 km.

Baca juga : Lion Turunkan Harga Tiket. Ini besarannya

"Per 1 Mei 2019, 7 dari 10 penduduk DKI Jakarta telah memiliki akses ke Transjakarta," tegas Agung.

Menurutnya, pencapaian ini didukung dengan agresifnya pembukaan rute Transjakarta untuk menjangkau masyarakat di setiap wilayah. Per Mei 2019, sudah dilayani 210 rute. Angka ini naik dibandingkan realisasi tahun sebelumnya, yang hanya 160 rute, diikuti dengan penambahan bus yang beroperasi.

Baca juga : Hari Ini Ultah, Medsos Jokowi Banjir Ucapan Selamat

Selain itu, juga ada perluasan jangkauan layanan ke perumahan dan rusun, dengan program JakLingko sebanyak 24 rute. "Kemudian, ada penambahan rute integrasi antarmoda transportasi seperti MRT, LRT dan KRL," ungkap Agung.

Seluruh pengembangan yang dilakukan Transjakarta itu, dilaporkan berkontribusi pada turunnya angka kemacetan di DKI,  sesuai survei TomTom Index. Data dari penelitian menyebutkan, tingkat kemacetan di Jakarta menurun 8 persen pada 2018 dibandingkan 2017. [MRA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.