Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

HUT DKI Habiskan Lebih Rp 20 M

Minggu, 23 Juni 2019 05:06 WIB
Logo HUT DKI 2019. (Grafis: Istimewa)
Logo HUT DKI 2019. (Grafis: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - DKI Jakarta genap berusia 492 tahun, kemarin. Perayaannya digelar sangat meriah di Bundaran Hotel Indonesia (HI), tadi malam. Dana yang dihabiskan capai Rp 20 miliar. Netizen riuh mengomentarinya. 

Perayaan besar-besaran HUT Jakarta dengan setting panggung megah disiarkan langsung oleh sejumlah saluran televisi nasional. Banyak kemegahan disajikan. Seperti atraksi cahaya di Bundaran HI dan bangunan-bangunan tinggi di sekitarnya. Air mancur Bundaran HI juga disulap menjadi layar raksasa menggunakan teknologi paling mutakhir. 

Film pendek bertajuk The Vibrant Jakarta garapan sutradara Holywood asal Indonesia, Livi Zheng, menampilkan tema HUT DKI kali ini, 'Wajah Baru Jakarta'. Kemeriahan acara puncak juga diisi gelaran musik dengan deretan artis Ibu Kota, tari tradisional, kuliner, hingga aneka bazar unik dapat dinikmati warga Jakarta.

Lantas berapa anggaran yang digelontorkan untuk HUT DKI Jakarta tahun ini? Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) DKI Jakarta Edy Junaedi menyatakan, anggarannya mencapai Rp. 20 miliar. Makanya, perayaan tahun ini dinilai sebagai perayaan HUT DKI paling meriah. 

Baca juga : Happy Bisa Lebaran Di Rumah

Menurut dia, angka ini baru yang dianggarkan Disparbud, belum termasuk berbagai perayaan lainnya, terutama yang diselenggarakan di tingkat kota. "Kalau untuk Disparbud yang terkait seluruh rangkaian cukup banyak ya, karena hampir 30 persen anggaran Disparbud konsentrasinya di festival penunjang HUT ini," urai Edy.

Biaya paling banyak, lanjut Edy, digunakan untuk penyelenggaraan Jakarnaval dan kontes Abang None. Selain itu, Jakarnaval yang menjadi salah satu rangkaian acara. "Semua dananya itu diambil murni dari APBD DKI Jakarta," katanya.

Untuk Jakarnaval, baru akan digelar 30 Juni. Acara akan digelar mulai pukul 3 sore hingga sebelum Maghrib. Rutenya dari Balaikota-Patung Kuda-Bundaran HI-Monas. Karnaval akan menampilkan pawai budaya, kesenian dan parade mobil hias. Pesertanya adalah warga Jakarta, pelajar, pekerja seni dan komunitas. 

Selain itu, akan ada gelaran Jakarta Beats Society (JBS) di Lapangan Banteng dan Seribu Island Indie Festival di Pulau Tidung. JBS akan digelar 28-30 Juni ini. Untuk menarik perhatian dunia internasional, Pemprov mendatangkan pemenang Grammy Award yaitu Chris Berry.

Baca juga : Wijaya Karya Bagikan Dividen Rp 346,05 Miliar

Kegiatan lainnya adalah pameran Kuliner Betawi Tempo Doeloe di Setu Babakan pada 23 Juni, Jakarta International Photo Festival atau JIPFest 25 Juni-9 Juli, hingga Jakarta Creative Night pada 22-23 Juni, di Lapangan Banteng.

Di Twitter, perayaan HUT DKI sempat menjadi trending topic dalam berbagai tanda pagar, seperti #HUTJakarta492. Banyak netizen mengucapkan doa dan harapannya kepada Ibu Kota. Salah satunya akun resmi Gubernur Anies @aniesbaswedan bersyukur dengan bertambahnya usia Ibu Kota. 

"Alhamdulillah, pada hari yang berbahagia dan bersejarah ini 22 Juni 2019, Kota Jakarta tepat berusia ke-492 tahun. Dirgahayu Kota Jakarta! #WajahBaruJakarta #HUTDKIJakarta #JKT492 #HUTJakarta492," kicau Anies kemarin disukai lebih dari 4.000 warganet.

Yang menarik, bekas Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) juga mengucapkan hal serupa. "Selamat HUT DKI Jakarta. Semoga semakin bahagia warganya," cuit @basuki_btp menyertakan video ucapan dan telah disukai 10 ribu netizen lebih.

Baca juga : Embung Giriroto Boyolali Habiskan Rp 12 Miliar

Netizen lainnya memilih menyoroti anggaran yang digelontorkan Pemprov DKI untuk perayaan HUT DKI tahun ini, mencapai Rp. 20 miliar. "Anggaran HUT DKI ke-492 Capai Rp 20 Miliar, cuy. JKT58 tepuk tangan nih," kicau akun @mochamadarip terperangah disambut sindiran @caitlinlauretta. "Terooooossss.... Hambur-hamburin aja APBD."

Tweeps lain membandingkan dengan jaman Ahok. "Kontras dibandingkan dengan Ahok yang anggaran Rp. 8 miliar aja dia minta diaudit. Tapi bagi seorang Anies Rp. 20 miliar itu biasa aja," kicaunya senada dengan @yusufls0707. 

"Pak @aniesbaswedan Pak Anies bagaimana itu hanya untuk merayakan saja Rp 20 miliar sedangkan di sekeliling Jakarta masih banyak anak-anak yang terlantar tidak dipelihara negara, kenapa tidak dialokasikan saja Rp 20 M itu untuk memelihara mereka," sarannya panjang lebar. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.