Dark/Light Mode

Bantuan Isi Hunian Sementara Sulteng Habiskan Rp 2,9 M

Rabu, 30 Januari 2019 08:18 WIB
Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos RI, Harry Hikmat (kiri) didampingi Wabup Sigi, Paulina (kedua dari kiri) saat menyerahkan bantuan berupa peralatan dapur pada warga Kecamatan Tanambulava, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. (Foto: Istimewa).
Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos RI, Harry Hikmat (kiri) didampingi Wabup Sigi, Paulina (kedua dari kiri) saat menyerahkan bantuan berupa peralatan dapur pada warga Kecamatan Tanambulava, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Sosial (Kemensos) memberikan bantuan isi hunian sementara (huntara), tahap pertama kepada warga Sulawesi Tengah (Sulteng) senilai Rp 2,9 miliar.

Mewakili Menteri Sosial (Mensos) Agus Gumiwang Kartasasmita, Harry Hikmat menyerahkan bantuan tersebut, kepada Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulteng Ridwan Mumu, di Kabupaten Sigi, Senin (28/1).

Baca juga : Beli Pesawat Jet Harga Rp 219 M

 “Bapak Presiden Jokowi selalu memperhatikan penanganan warga terdampak bencana. Berkali-kali beliau hadir di Sulteng untuk melihat langsung proses penanganan warga terdampak bencana tsunami, gempa bumi dan likuifaksi. Khusus untuk Kemensos diberikan tugas melakukan percepatan pemenuhan kebutuhan dasar,” kata Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial, Harry Hikmat.

Harry mengatakan, dengan selesainya pembangunan huntara dan warga berpindah dari tenda pengungsian ke huntara, maka tugas Kemensos adalah memberikan isi hunian sementara.

Baca juga : Bacakan Pledoi, Zumi Zola Mewek

Bantuan isi huntara terdiri dari 1.000 peralatan dapur keluarga senilai Rp 1.284.608.000, 1.000 paket foodware senilai Rp395 juta, dan 1.000 paket family kit senilai Rp 480 juta.

Bantuan ini selanjutnya didistribusikan ke Kota Palu, Kabupaten Donggala, Kabupaten Sigi, dan Kabupaten Parigi Moutong. Untuk Kabupaten Sigi, bantuan diserahkan kepada warga di huntara yang dibangun oleh Bank Mandiri.

Baca juga : Desak NU Klarifikasi, JK Kontra Said

Pada kesempatan itu, Harry menyerahkan tali asih untuk personel Tagana pada masa transisi darurat sebesar Rp 193.500.000, saru unit Mobil Layanan Dukungan Psikososial (LDP) keliling senilai Rp 599.613.600 untuk anak-anak di Sulteng, serta satu unit Motor Water Treatment kerja sama Kemensos dan CPI Japan.

Sementara Area Head Bank Mandiri Area Palu, Bambang Indriatmoko mengatakan, sebanyak 250 unit huntara dibangun di atas tanah yang telah disiapkan Pemkab Sigi. Terdiri dari 100 unit di Desa Sibalaya Selatan, dan 150 unit ada di Desa Kabobona, Kecamatan Dolo.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.