Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

PPKM Kendor, Mobilitas Tinggi

Duh, Jalanan Jakarta Macet Lagi

Selasa, 12 April 2022 18:54 WIB
Jalanan di Jakarta macet parah saat hujan. (Foto: Indra Hardi Saputro/RM
Jalanan di Jakarta macet parah saat hujan. (Foto: Indra Hardi Saputro/RM

RM.id  Rakyat Merdeka - Mobilitas warga Ibu Kota meningkat saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level dua. Dinas Perhubungan mencatat, volume kendaraan naik 5,5 persen atau mencapai 2,12 juta dibanding PPKM Level tiga pada 18 Februari-7 Maret 2022 sebesar 1,92 juta per hari.

"Kami terus melakukan evaluasi, mencermati pergerakan kendaraan rata-rata harian," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Syafrin Liputo di Jakarta, Selasa (12/4).

Kondisi ini menyebabkan kemacetan. Rata-rata kecepatan kendaraan di Jakarta juga melambat pada PPKM level dua ini menjadi 31,7 kilometer per jam.

Baca juga : Mobilitas Tinggi, Jakarta Macet Lagi Dan Berpolusi

Angka itu lebih lambat sekitar 5,7 persen dibandingkan PPKM sebelumnya mencapai 33,6 kilometer per jam.

"Ini sejalan dengan peningkatan volume kendaraan di lalu lintas mencapai 5,5 persen," katanya.

Kenaikan volume kendaraan itu ini seiring pelonggaran aktivitas masyarakat saat PPKM level dua sehingga berkontribusi menyumbang kemacetan.

Baca juga : KAHMI Bersinergi Dengan Pemerintah Bangun Daerah

Di sisi lain, jumlah penumpang angkutan umum juga ikut naik pada sepekan sebelumnya menjadi 1,1 juta penumpang atau meningkat sekitar 14 persen dibandingkan PPKM sebelumnya mencapai sekitar satu juta penumpang.

Peningkatan tersebut mengingat Pemerintah melonggarkan kapasitas angkutan umum menjadi 100 persen.

Untuk mengurai kemacetan, pihaknya mengerahkan sejumlah petugas di beberapa titik di antaranya jalur balik dan beberapa titik parkir yang kerap mengundang kemacetan termasuk mendukung petugas polisi lalu lintas.

Baca juga : Ini Keuntungan Beli Mobil Mitsubishi Di Bulan Maret

"Di beberapa titik potensial itu menjadi akses utama kendaraan menuju pulang ke rumah, di sana kami perkuat anggota, tentu koordinasi dengan rekan Ditlantas Polda Metro untuk melakukan pengaturan secara intensif," katanya.

Tak hanya itu, sistem pengaturan lampu lalu lintas juga diatur untuk menekan antrean kendaraan di sejumlah simpang.

"Kemudian dari sisi volume lalu lintas yang diatur dengan area 'traffic control system' (ATCS) dalam hal ini kami lakukan 'resetting' terkait dengan lampu hijaunya diperpanjang," ucapnya namun ia tidak memberikan detail berapa lama perpanjangan waktu lampu hijau itu. (DRS)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.