Dark/Light Mode

Tok, Formula 1 Rusia Batal Digelar

Selasa, 1 Maret 2022 07:06 WIB
Ajang Formula 1 di Rusia. (Foto : ist)
Ajang Formula 1 di Rusia. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pihak penyelenggara Formula 1 (F1) resmi mengumumkan pembatalan Grand Prix Rusia 2022. Ke­putusan ini imbas konflik Rusia-Ukraina yang memanas.

Diketahui, Rusia tengah menggelar invasi ke wilayah Ukraina. Operasi militer itu membuat sejumlah instalasi publik lumpuh dan menelan korban jiwa.

Baca juga : Hamilton Lagi Kurang Pede

Pihak Formula 1 mempertimbangkan dampak dari yang dihasilkan dari gejolak perang. Mereka memutuskan untuk membatalkan menggelar GP Rusia 2022. Dalam kalender yang sudah terbentuk, F1 2022 akan menempatkan grand prix Rusia di jadwal ke-17. Tepatnya digelar di Sochi pada 25 September 2022.

“Kejuaraan Dunia Formula 1 mengunjungi negara-negara di seluruh dunia dengan visi positif untuk menyatukan orang, menyatukan bangsa,” tulis statement situs F1.

Baca juga : Tim Michelin Formula E Tak Sabar Riset Teknologi Ban Di Jalanan Jakarta

“Kami menyaksikan perkembangan di Ukraina dengan kesedihan dan keterkejutan dan harapan untuk penyelesaian yang cepat dan damai untuk situasi saat ini,” lanjutnya.

“Pada Kamis malam, Formula 1, dan tim membahas posisi olahraga kami. Kesimpulannya adalah termasuk pandangan semua pemangku kepentingan, bahwa tidak mungkin menggelar Grand Prix Rusia dalam situasi saat ini,” tutup pernyataan itu.

Baca juga : Sindir Formula E, Aktivis Bawa Track Tamiya Di Depan KPK

Saat ini, para pebalap tengah menjalani sesi uji coba pramusim di Barcelona, Spanyol. Mereka akan memulai balapan resmi pada 20 Maret di Sakhir, Bahrain. [KW]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.