Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

DPRD Usul DKI Anggarkan Pemasangan Ornamen Betawi Di Kantor RW

Selasa, 31 Mei 2022 15:25 WIB
Anggota DPRD DKI Wa Ode Herlina. (Foto: Dede/RM)
Anggota DPRD DKI Wa Ode Herlina. (Foto: Dede/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) berharap Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menganggarkan program pemasangan ornamen Betawi di kantor pengurus Rukun Warga.

Anggota DPRD DKI Wa Ode Herlina mengatakan, usulan itu untuk menjaga eksistensi kebudayaan Betawi di DKI Jakarta sebagaimana amanat Peraturan Daerah (Perda) Nomor 4 tahun 2015. Karena itu, melestarikan budaya Betawi adalah tanggung jawab semua kalangan. 

“Jangan sampai budaya Betawi di DKI punah. Lantaran kurangnya kesadaran masyarakat dalam menjaga kelestarian budaya Betawi di masyarakat," kata anggota Komisi E DPRD DKI Wa Ode Herlina saat melakukan sosialisasi Perda No 4 tahun 2015 di kawasan Kartini, Jakarta Pusat, Senin (31/5) malam.

Baca juga : APP Sinar Mas Borong Penghargaan Manajemen Keselamatan Dari Kemnaker

Anggota Fraksi PDIP di DPRD DKI ini pun berharap, ornamen Betawi bisa dipasang secara masif di lingkungan pemukiman masyarakat.  Misalnya, sambung dia, dari pos RW hingga kantor-kantor pemerintahan dan swasta yang berada di perkampungan.

“Dengan pemasangan ornamen Betawi seperti Gigi Balang, Ondel-ondel dan ornamen Betawi lainya di perkampungan Jakarta. Kebudayaan Betawi akan selalu diingat oleh masyarakat dan menjadi kekhasan di DKI," katanya.

Untuk bisa merealisasikan itu, Wa Ode Herlina disapa mengharapkan Pemda berperan serta dalam menunjang kelestarian budaya Betawi. Dia menyebut, Pemda harus memonitor tempat-tempat yang menjadi konsentrasi publik akan kunjungi.

Baca juga : Teco Ungkap Kondisi 8 Pemain Anyarnya Di Bali United

“Hotel-hotel di Jakarta apakah sudah ada yang mengikuti pelestarian kebudayaan Betawi. Tempat-tempat hiburan seperti, TMII, Ancol, Ragunan, Kota Tua di mana pada tempat-tempat tersebut bisa memperkenalkan budaya Betawi. Baik itu kesenian seperti seni tarinya, seni musiknya seni lukisnya dan silatnya,” ujarnya. 

Dan dalam rangka menyambut HUT Kota Jakarta ke 495, Wa Ode mengajak semua pihak untuk bersama-sama mengangkat dan melestarikan budaya Betawi di lingkungan masing-masing.

Ditambahkannya, anggaran untuk pelestarian budaya Betawi sudah ada. Hanya saja karena adanya pandemi, anggaran itu difokuskan pada penanganan Covid-19 selama dua tahun terakhir.

Baca juga : Di WEF Davos, Airlangga Sampaikan Momen Emas Berinvestasi Di Indonesia

“HUT DKI mendatang, kirab budaya bisa dilakukan untuk memperkenalkan kebudayaan Betawi. Disamping itu masyarakat juga diajak untuk berperan serta dalam mengembangkan kuliner khas Betawi. Misalkan minuman bir pletok, masakan sayur babanci, sayur besan dan makanan khas Betawi lainnya. Sementara dari unsur kesenian, bisa diperkenalkan senam jali-jali dan lainya," papar Ketua DPC PDIP Jakpus itu.

Nara sumber Sosper, Junaidi yang juga pengurus Bamus Betawi menyoroti masih adanya pemahaman yang salah dalam pelestarian budaya Betawi di masyarakat. Salah satunya, masih adanya Ondel-ondel yang digunakan untuk mengamen. Padahal, dalam Perda tidak diperbolehkan.

“Idealnya ondel-ondel itu kan menjadi ciri khas Jakarta. Bisa dipasang di terminal, hotel-hotel dan fasilitas umum lainya di Jakarta," tegasnya. (DRS)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.