Dark/Light Mode

168.742 Peserta Lulus SBMPTN 2019

Selasa, 9 Juli 2019 15:55 WIB
Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi M Nasir (tengah) bersama pejabat kementerian saat menyampaikan pengumuman seleksi SBMPTN di Jakarta, Selasa (9/7). (Foto: Antara).
Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi M Nasir (tengah) bersama pejabat kementerian saat menyampaikan pengumuman seleksi SBMPTN di Jakarta, Selasa (9/7). (Foto: Antara).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi mengumumkan 168.742 peserta berhasil lulus Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019, yang diikuti oleh 714.652 orang.

"Siapa saja yang lulus, akan diumumkan secara online pada hari ini l, Selasa 9 Juli 2019, pukul 15.00 WIB," ujar Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (9/7).

Nasir menjelaskan, dari total 168.742 peserta yang lulus SBMPTN, 48.965 di antaranya adalah peserta pemohon Beasiswa Bidikmisi.

Baca juga : Jam 3 Sore Ini, Pengumuman SBMPTN 2019

Beasiswa Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yang dikhususkan bagi calon mahasiswa tidak mampu secara ekonomi. Namun, memiliki potensi akademik yang baik untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi pada program studi unggulan, sampai lulus tepat waktu.

Pengumuman SBMPTN dapat diakses melalui laman resmi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dengan memasukkan nomor pendaftaran dan tanggal lahir peserta SBMPTN 2019.

Informasi mengenai hasil seleksi juga bisa dilihat di laman resmi 12 perguruan tinggi, yakni Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Diponegoro (Undip), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Airlangga (Unair), Universitas Andalas (Unand), Universitas Tanjungpura (Untan), Universitas Hasanudin (Unhas), Universitas Sriwijaya (Unsri), dan Universitas Syah Kuala (Unsyah).

Baca juga : Kolev Pede Persija Bisa Lolos Piala AFC 2019

Peserta yang dinyatakan lulus SBMPTN 2019 wajib melakukan registrasi (daftar ulang), pada waktu dan tempat yang ditentukan oleh perguruan tinggi tujuan. Kehadiran peserta pada saat registrasi, menentukan proses status penerimaan peserta SBMPTN 2019 sebagai mahasiswa di perguruan tinggi tujuan. 

Peserta yang dinyatakan lulus SBMPTN 2019 akan dinyatakan diterima di perguruan tinggi yang dituju, jika memenuhi syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh perguruan tinggi tersebut. 

Sedangkan peserta yang tidak lulus SBMPTN 2019, masih memiliki kesempatan untuk mendaftar ke perguruan tinggi negeri yang dituju, melalui jalur mandiri.

Baca juga : 69 Persen Narapidana Belum Masuk DPT Pemilu 2019

Informasi mengenai persyaratan dan waktu pendaftaran mahasiswa baru melalui jalur mandiri, dapat dilihat langsung di laman resminya. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.