Dark/Light Mode

50 Hektare Lahan Gambut di Aceh Terbakar

Selasa, 9 Juli 2019 13:54 WIB
Lahan gambut di Kabupaten Aceh Barat yang terbakar. (Foto: Istimewa).
Lahan gambut di Kabupaten Aceh Barat yang terbakar. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kebakaran lahan gambut terjadi di Kabupaten Aceh Barat pada Selasa (9/7) siang yang menyebar sampai 50 hektare. Keadaannya bertambah luas dibandingkan dengan kondisi pada Senin (8/7) malam, dimana api dengan cepatnya melalap 45 hektar lahan.

Baca juga : MU Angkut Pogba dan Lukaku di Ajang Pramusim

Dikatakan Koordinator Pusat Kendali Operasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Aceh Barat, Mashuri, Selasa (9/7) kalau kebakaran yang awalnya terjadi di wilayah kecamatan Johan Pahlawan dan Woyka Barat kini meluas ke kawasan Alue Peunyareng di Kecamatan Meureubo. Luas lahan yang terbakar di Alue Peunyareng sekitar 5hektare. 

Baca juga : Bertebaran, Spanduk Sandi Untuk Sumbar-1

Sementara itu, di Desa Seuneubok, Kecamatan Johan Pahlawan, lahan yang terbakar luasnya sekitar 10 hektare, sedangkan di Desa Napai dan Desa Blang Cot Rubek, Kecamatan Woyla Barat, kebakaran sudah meliputi lahan seluas 35 hektare.

Baca juga : Libur Lebaran, Pelayanan Publik Di Bekasi Tetap Buka

"Luas lahan yang terbakar sampai saat ini masih terus kami lakukan pendataan, kemungkinan besar luas lahan yang terbakar akan bertambah," kata Mashuri. Ia mengatakan sumber air di area yang mengalami kebakaran terbatas sehingga petugas harus bekerja ekstra untuk menemukan sumber air di daerah terdekat.  "Mobil pemadam kebaraan pun tak bisa masuk ke area kebakaran," pungkasnya.[SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.