Dark/Light Mode

Dihadiri Bupati Tangerang, Puncak Gebyar Milad Ke-15 YBIC Makin Semarak

Senin, 27 Juni 2022 09:42 WIB
Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar (berdiri keenam kiri) bersama para jemaah Masjid Al Muhajirin, Catalina, Tangerang, dalam Puncak Gebyar Milad ke-15 YBIC, Minggu (26/6). (Foto: Dok. YBIC)
Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar (berdiri keenam kiri) bersama para jemaah Masjid Al Muhajirin, Catalina, Tangerang, dalam Puncak Gebyar Milad ke-15 YBIC, Minggu (26/6). (Foto: Dok. YBIC)

RM.id  Rakyat Merdeka - Minggu pagi (26/6), Masjid Al Muhajirin, di Cluster Catalina, Gading Serpong, Tangerang, terasa lebih semarak dari biasanya. Di halaman parkir, ada bazar yang menjual beragam kuliner nusantara dari para warga. Tembok di sisi utara semakin cantik dan berwarna dengan mural, hasil kreasi para peserta lomba untuk memeriahkan milad ke-15 Yayasan Bina Insan Madani Catalina (YBIC). Para jemaah dan anak-anak tampak ceria merayakan milad ini di Minggu pagi yang cerah.

Puncak gebyar milad ke-15 YBIC ini tambah semarak dengan kehadiran Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar. Hadir pula Camat Pagedangan, Lurah Medang, dan perwakilan Polsek Pagedangan dan Koramil. Ketua Umum YBIC Abidin, Ketua Dewan Pembina YBIC Endang Abidin, dan Ketua RW 06 Catalina Arief setia menemani para undangan.

Sebelum puncak gebyar milad YBIC, panitia telah melakukan serangkaian kegiatan sejak awal Juni. Seperti Gerakan Indonesia Salat Subuh (GISS), wisuda TKIT dan TPQ Bina Insan Madani, dan beragam lomba termasuk lomba mural yang melibat siswa SD hingga SMA.

Mengangkat tema "Bersama Membangun Masyarakat Madani", puncak milad ke-15 YBIC ini dibuka dengan pembacaan kalam Ilahi oleh Ustad Hasan bari, imam tetap Masjid Al Muhajirin. Penampilan Majelis Taklim Muslimat Catalina dan Marawis RT 05 RW 06 makin memeriahkan acara tahunan ini.

Baca juga : Dongkrak Industri Pariwisata Dan Kuliner, Pertamina Gelar Lomba Masak

Ketua Umum YBIC Abidin, dalam sambutannya mengatakan, sejatinya gebyar milad ke-15 yayasan digelar pada 23 April lalu. Namun, karena pada tanggal itu masuk Ramadan, panitia sepakat menunda menjadi Juni ini.

Abidin lalu menceritakan awal mula YBIC dibangun dan siapa saja ketua yayasan pendahulunya. Pada 2002 di Ramadan pula, warga Catalina berkumpul untuk menyatukan visi membangun saranah ibadah. Baru 2007, yayasan punya legal formal dengan terdatfar di Kementerian Hukum dan HAM.

"Mewakili warga Catalina, kami ingin Bupati membantu dengan segala kewenangannya menjadikan YBIC sebagai pengelola fasos dan fasum Catalina," ujar Abidin, mengakhiri sambutannya.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, dengan tampilan bersahaja, menyambaikan sambutan. Berpakaian sadariah putih dan celana hitam, Bupati Zaki mengingatkan pandemi belum selesai, meski kasus Covid-19 mulai menurun.

Baca juga : Dijauhi Banteng, Ganjar Makin Mentereng

"Pandemi kini mulai membaik. Ini penting untuk menjaga momentum pertumbuhan ekonomi dan sosial ke depan. Akibat pandemi, pada 2020 kami mencatat 31 ribu buruh terkena PHK. Pada 2021, gelombang PHK masih berlanjut sebanyak 10.000 buruh dan tahun ini saya masih menerima daftar pabrik yangg gulung tikar, meski kondisi ekonomi nasional membaik. Ini tantangan terkini," ujar Bupati Zaki.

Untuk menjawab tantangan ini, kata bupati, Kabupaten Tangerang akan membuka lapangan kerja seluas-luasnya. "Kami akan giatkan kembali program pembangunan infrastruktur, setelah dua tahun terakhir program pembangunan dialihkan ke penanganan Covid-19," ucapnya.

Pada kesempatan milad itu, tak lupa Bupati Zaki mengingatkan para jamaah soal sisi positif dan negatif ponsel pintar, terutama menjadi kanal peredaran berita bohong atau hoaks. Di era disrupsi teknologi ini, perhatian juga mesti ditingkatkan karena bakal berdampak terhadap lapangan kerja yang tersedia.

"Kami berharap generasi muda Indonesia menjadi generasi penerus yang produktif. Pada 2045, populasi Indonesia semakin banyak, sementara disrupsi teknologi makin tinggi saat itu," kata Bupati Zaki.

Baca juga : Pencemaran Sungai Di DKI Makin Parah

Sebelum meninggalkan Mesjid Al Muhajirin, Bupati Zaki berkesempatan menyerahkan hadiah kepada para juara lomba mural.

Puncak acara gebyar milad ke-15 YBIC diisi tausiah Ustad Bobby Heribowo. Pada tausiahnya, Ustad Bobby memperkenalkan metode hafal Al-Qur'an yang mudah dan bisa diikuti siapa pun, mulai usia balita hingga kakek/nenek. Metode ini sudah diajarkan hingga ke 20 negara.

Metode yang dinamakan "Hafal Al-Qur'an Semudah Tersenyum" ini mengajak jamaah Masjid Al Muhajirin menghafal dua ayat surat Ar Rahman. Para jamaah diajak menghapal ayat 7 dan 8 sambil menggerakkan tangan yang disesuaikan dengan arti bacaannya. Secara berpasangan, jemaah juga diajak mengulang-ulang kembali dua ayat itu dan gerakannya. Tausiah yang dilaksanakan secara interaktif ini diikuti jamaah dengan antusias hingga akhir.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.