Dark/Light Mode

Komunitas Pers Gelar Piala Presiden Kompetisi Nasional Media

Senin, 15 Juli 2019 10:38 WIB
Panelis Diskusi Kelompok Terpumpun (FGD), Piala Presiden Kompetisi Nasional Media, dari kiri: Staf Ahli Menkominfo Prof. Dr. Henri Subiakto, SH, MA, Presiden Direktur Metro TV Suryopratomo, Direktur Utama Rakyat Merdeka Group Margiono di Hotel Aryaduta Jakarta, Senin (15/7). (Foto: M Qori Haliana/Rakyat Merdeka)
Panelis Diskusi Kelompok Terpumpun (FGD), Piala Presiden Kompetisi Nasional Media, dari kiri: Staf Ahli Menkominfo Prof. Dr. Henri Subiakto, SH, MA, Presiden Direktur Metro TV Suryopratomo, Direktur Utama Rakyat Merdeka Group Margiono di Hotel Aryaduta Jakarta, Senin (15/7). (Foto: M Qori Haliana/Rakyat Merdeka)

 Sebelumnya 
Kompetisi ini diselenggarakan oleh Penyelenggara Piala Presiden Kompetisi Nasional Media, yang melibatkan unsur pemerintah dan media. Di Dewan Pembina, ada Menteri Sekretaris Negara, Menteri Komunikasi dan Informatika, serta Ketua Dewan Pers.

Sejumlah nama tokoh media masuk dalam jajaran Dewan Ahli antara lain Mantan Ketua Dewan Pers Prof. Dr. Bagir Manan, Dr. Sukardi Rinakit, serta Ir. Yosep Adi Prasetyo yang juga mantan Ketua Dewan Pers.

Mekanisme Kompetisi

Baca juga : Peluang Gerindra Masuk Koalisi Jokowi Menguat

Piala Presiden Kompetisi Nasional Media untuk tahun 2019 mengambil tema besar "Cepat Majulah Bangsaku!". Empat tema khusus menjadi fokus perhatian yakni Persatuan dan Kerukunan Bangsa, Percepatan dan Pemerataan Pembangunan Berkesejahteraan Sosial, Pendidikan dan Pengembangan SDM di Era 4.0 dan Pengembangan Industri Berbasis Pemanfaatan Teknologi Digital.

Untuk 2019 ini, ada enam kategori yang diikutsertakan dalam kompetisi ini yakni Karya Jurnalistik Media Cetak/media siber, Karya Jurnalistik Televisi, Karya Jurnalistik Radio, Tajuk Rencana Media Cetak/media siber, Artikel opini media cetak/siber dan Karya audio-visual Media Sosial.

Kompetisi ini dapat diikuti oleh media, baik nasional maupun daerah, untuk kategori karya jurnalistik (cetak, TV dan Radio, media siber) dan tajuk rencana. Selain media, individu juga dapat ikut serta dalam kompetisi ini untuk kategori artikel opini, yang dimuat media massa cetak dan siber serta karya audio-visual yang dipublikasikan melalui media sosial.

Baca juga : Lady Gaga Jualan Kosmetik di Amazon

Karya yang diikutsertakan dalam kompetisi adalah karya yang dipublikasikan atau disebarluaskan melalui media utama maupun media sosial, dalam periode waktu 1 Januari – 15 September 2019.

Lembaga penyelenggara akan membentuk tim juri independen untuk memilih tiga karya terbaik, dalam masing-masing kategori pada masing-masing tema.

Keputusan dewan juri bersifat mutlak. Karya terpilih dalam kompetisi ini akan mendapatkan penghargaan Piala Presiden untuk karya terbaik lintas tematik pada enam kategori lomba.

Baca juga : Adkasi Gelar Silatnas Perkuat Ideologi Pancasila

Piala Presiden akan diberikan untuk karya terbaik lintas tematik pada kategori berita dan tajuk rencana, untuk media massa cetak dan siber daerah, Sertifikat Penghargaan untuk pemenang 1, 2 dan 3 untuk setiap kategori yang telah dijelaskan di atas, serta hadiah uang untuk pemenang 1, 2, dan 3 untuk setiap kategori. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.