Dark/Light Mode

Citayam Fashion Week Semrawut

Polisi Dan Dishub Blokade Zebra Cross Dukuh Atas

Kamis, 28 Juli 2022 07:30 WIB
Warga membludak menyaksikan Citayam Fashion Week di kawasan Dukuh Atas, Jakarta Pusat. Sabtu (23/7). Fashion show jalanan yang digagas remaja Sudirman, Citayam, Bojonggede, Depok (SCBD) ini mengundang perhatian berbagai kalangan masyarakat, mulai dari kelompok remaja hingga keluarga yang berlibur. (Foto: Tedy Kroen/RM).
Warga membludak menyaksikan Citayam Fashion Week di kawasan Dukuh Atas, Jakarta Pusat. Sabtu (23/7). Fashion show jalanan yang digagas remaja Sudirman, Citayam, Bojonggede, Depok (SCBD) ini mengundang perhatian berbagai kalangan masyarakat, mulai dari kelompok remaja hingga keluarga yang berlibur. (Foto: Tedy Kroen/RM).

RM.id  Rakyat Merdeka - Meningkatnya pengunjung Citayam Fashion Week (CFW) membuat kawasan Dukuh Atas di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat, semrawut. Lalu lintas macet dan banyak kendaraan parkir sembarangan.

Petugas Polda Metro Jaya, Satpol PP dan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta akhirnya mem-blokade zebra cross, jalur penyeberangan yang digunakan menjadi catwalk, untuk mengurai kemacetan. Tak hanya itu, petugas memasang barrier di sepanjang sisi jalan tersebut untuk mencegah pengunjung melintas sembarangan.

“Zebra cross hanya untuk menyeberang, bukan fashion show,” teriak petugas dari mobil komando kepolisian, Selasa (26/7), mengingatkan pengunjung CFW.

Baca juga : Merek Citayam Fashion Week Didaftarkan 2 Pihak, Publik Boleh Ajukan Keberatan

Meski zebra cross diblokade, tak lantas pengunjung membubarkan diri. Mereka tetap berkumpul di sekitar lokasi. Petugas akhirnya memberikan kelonggaran. Membolehkan pengunjung melakukan fashion show, tetapi dibatasi hanya di trotoar.

“Kami bersama Satpol PP akan melakukan penertiban terhadap hal-hal yang melanggar aturan,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E. Zulpan, Selasa (26/7).

Penertiban akan dilakukan, papar Zulpan, mengacu pada arahan Pemerintah Daerah (Pemda). Yakni, waktu berkumpul di Dukuh Atas dibatasi hingga pukul 22.00 WIB.

Baca juga : Marak Citayam Fashion Week, Jokowi: Kreativitas Anak Muda Harus Didukung

“Pemerintah Daerah telah menyampaikan pukul 22.00 WIB adalah batas waktu terakhir untuk para adik-adik, remaja kita berada di sana,” terangnya.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman menyarankan CFW di Dukuh Atas digelar saat Car Free Day (CFD) atau akhir pekan. Sebab, jika dilakukan setiap hari, CFW berpotensi mengganggu arus lalu lintas dan aktivitas masyarakat.

“CFW tidak dilarang namun harus sesuai aturan dan tidak mengganggu ketertiban,” tegasnya.

Baca juga : Pemkot Jakpus Bolehkan Zebra Cross Dukuh Atas Jadi Catwalk

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, zebra cross di Dukuh Atas diblokade agar remaja lebih bijak memanfaatkan fasilitas publik.

“Zebra cross kan untuk pejalan kaki, untuk menyeberang,” ingat Riza, di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (26/7).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.