Dark/Light Mode

Terowongan MRT Fase 2 Berhasil Tembus Ke Stasiun Monas

Selasa, 2 Agustus 2022 22:02 WIB
Pekerja konstruksi berdiri di depan mata bor TBM-2 yang telah berhasil menembus D-Wall Stasiun Thamrin. (Foto: PT MRT Jakarta/Irwan Citrajaya)
Pekerja konstruksi berdiri di depan mata bor TBM-2 yang telah berhasil menembus D-Wall Stasiun Thamrin. (Foto: PT MRT Jakarta/Irwan Citrajaya)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT MRT Jakarta optimistis pekerjaan konstruksi fase 2A MRT Jakarta CP 201 selesai pada Maret 2025. Sejak Jumat (29/7) lalu, mesin bor terowongan (tunnel boring machine) 2 telah berhasil menembus dinding sisi utara Stasiun Thamrin.

Tunnel boring machine 2 membangun terowongan southbound sepanjang 385,5 meter dari Stasiun Monas ke Stasiun Thamrin.

Direktur Konstruksi PT MRT Jakarta Silvia Halim mengatakan, pekerjaan proyek pembangunan ini membutuhkan waktu sekitar tiga bulan sejak 11 April-29 Juli 2022 lalu. Selanjutnya, tunnel boring machine 2 akan melakukan putar balik di titik shaft utara Stasiun Thamrin untuk melanjukan konstruksi terowongan northbound kembali ke arah Stasiun Monas.

Baca juga : Mba Puan, Alon-alon Semoga Kelakon…

Breakthrough ini merupakan salah satu milestone dari pekerjaan konstruksi fase 2A MRT Jakarta, khususnya CP 201 yang mencakup proyek pembangunan Stasiun Thamrin dan Monas,” katanya, Selasa (2/8).

Menurut Silvia, sejauh ini, pekerjaan CP 201 telah mencapai progres 41,84 persen dengan sejumlah pekerjaan seperti penggalian dan pengecoran base slab Stasiun Monas dan kolom dan struktur dinding gardu induk (receiving substation/RSS) Monas.

Termasuk perbaikan kualitas tanah (jet grout) di Stasiun Thamrin, pemasangan traffic decking di sisi Selatan Stasiun Thamrin dan lainnya.

Baca juga : Anak 6 Tahun Ke Atas Butuh Booster

“Kami masih optimistis target penyelesaian CP 201 pada Maret 2025 akan tercapai,” tandas Silvia.

Perlu diketahui, pengerjaan konstruksi CP 201 menggunakan dua mesin bor yakni tunnel boring machine atau TBM-1 dan TBM-2.

TBM-1 membuat terowongan southbound dan northbound yang menghubungkan Stasiun Bundaran HI dan Thamrin.

Baca juga : OJK Dinilai Berhasil Jaga Sistem Keuangan Nasional 

Sementara TBM-2 membangun terowongan southbound dan northbound yang menghubungkan Stasiun Monas dan Thamrin.

Setelah itu, kedua TBM ini akan bersama-sama membangun terowongan southbound dan northbound yang menghubungkan Stasiun Monas dan Harmoni.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.