Dark/Light Mode

Lonjakan Kasus Covid Bakal Merembet Ke Sekitar Jakarta

Jumat, 17 Juni 2022 07:40 WIB
Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Mohammad Syahril. (Foto: Antara)
Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Mohammad Syahril. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - DKI Jakarta menjadi kontributor terbesar kenaikan kasus Covid-19. Waspadalah, diprediksi lonjakan kasus di Ibu Kota ini bakal merembet ke wilayah lainnya.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Mohammad Syahril mengungkapkan, wilayah utama yang diprediksi mengalami lonjakan adalah daerah-daerah penyangga Jakarta atau yang berdekatan. Yaitu Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi.

Karena itu, Kemenkes terus mengingatkan masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Baca juga : Menkes Mulai Waswas Kasus Covid-19 Baru Meningkat

“Supaya Covid-19 tetap dalam masa terkendali. Kita semua ikut berperan di dalam pencegahan dan pengendalian kasus,” ujar Syahril menanggapi pertanyaan Rakyat Merdeka dalam diskusi FMB9 di Jakarta, kemarin.

Menurutnya, Kemenkes mencatat jumlah pasien yang terkon­firmasi positif terpapar Covid-19 bertambah 1.242 pasien pada Rabu (15/6). Wilayah DKI Jakarta memiliki tingkat kasus konfirmasi positif tertinggi dengan jumlah 730 orang.

Pronvinsi selanjutnya penyumbang konfirmasi positif Covid-19, yakni Jawa Barat dengan 216 orang. Provinsi ketiga, Banten yang mencatatkan 146 orang, sedangkan keempat Jawa Timur dengan 63 orang.

Baca juga : Lax Teknologi Kenalkan Kamera Pendeteksi Kebakaran

Urutan kelima adalah Bali dengan jumlah korban sebanyak 33 orang. Diyakini lonjakan kasus Covid-19 di berbagai daerah berkaitan dengan munculnya subvarian Omicron BA.4 dan BA.5.

Pengawasan saat ini mulai dilakukan terhadap provinsi yang mengalami lonjakan kasus.

Kemenkes bakal melakukan deteksi menyeluruh Whole Genome Sequencing (WGS) di seluruh kasus Covid-19. Hal ini dilakukan untuk melihat sejauh mana penyebaran Omicron BA.4 dan BA.5 di provinsi dengan catatan kasus Covid-19 paling tinggi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.