Dewan Pers

Dark/Light Mode

Di Apel Pelatda DKI, Anies Sentil BUMD Dan SKPD Yang Tidak Bantu Atlet

Jumat, 5 Agustus 2022 15:44 WIB
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memimpin Apel Pelatihan Daerah (Pelatda) DKI di Balai Kota, Jakarta, Jumat (5/8). (foto, Humas KONI DKI Jakarta)
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memimpin Apel Pelatihan Daerah (Pelatda) DKI di Balai Kota, Jakarta, Jumat (5/8). (foto, Humas KONI DKI Jakarta)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meminta kepada seluruh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)  dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Provinsi DKI Jakarta, agar membantu para atlet berprestasi. Karena, atlet-atlet yang berprestasi itu membutuhkan suport agar menjadi sang juara di tingkat nasional dan Internasional.

Hal itu dikatakan Anies saat memimpin Apel Pelatihan Daerah (Pelatda) DKI  di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (5/8).

Apel Pengukuhan Atlet Pelatda DKI Jakarta menuju PON XXI di Sumatera utara dan Aceh pada 2024 ini untuk ‘Mengantarkan Atlet DKI Jakarta Berjaya Dipentas Dunia'. 

"Saya harap BUMD dan SKPD DKI lebih peduli dan mendukung para atlet berprestasi agar bisa menjadi juara umum di kejuaraan nasional dan internasional," pintah Anies.

Dalam pidatonya, Anies juga meminta kepada seluruh atlet bisa bersungguh-sungguh dalam menjalankan latihan. Karena, waktu dua tahun bisa menjadi perubahan dalam perjalanan hidup.  

Berita Terkait : Anies Manjain Orang Miskin

Untuk itu kata Anies, waktu dua tahun menjelang PON harus dimanfaatkan dengan serius dalam mengukir prestasi. 

"Anda harus berjuang mengalahkan rasa malas untuk latihan untuk mampu mengukir prestasi," pesan Anies kepada para atlet DKI. 

Usai apel Pelatda, Anies langsung dikerubuti atlet yang meminta foto bersama. 

"Pak Gubernur, kami mau foto dong, selfie ya pak," teriak atlet sambil mengeluarkan ponselnya.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Provinsi DKI Jakarta, Hidayat Humaid mengucapkan terima kasih kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi yang telah mencurahkan pikiran dan tenaganya untuk prestasi olahraga di ibu kota.

Berita Terkait : KONI DKI & Dinas Pendidikan Sepakat Bantu Sekolah Atlet

Hidayat juga berterima kasih kepada Pemprov DKI Jakarta dan semua pihak yang telah membantu dan mensuport pelaksanaan apel.

Ia menyampaikan, Apel Pelatda tahun ini dihadiri oleh sekitar 939 orang yang terdiri dari atlet, pelatih dan asisten pelatih (aspel). 

Selain atlet, pelatih dan aspel, hadir dalam apel tersebut para ketua umum pengprov cabang olahraga (cabor), pengurus KONI DKI Jakarta, Pembina KONI DKI Jakarta, Dispora DKI Jakarta dan Bank DKI.

Diketahui, Bank DKI dan Danone telah berkolaborasi dengan KONI DKI Jakarta dalam mensupport pelaksanaan Apel Pelatda. 

"Kami terus melakukan evaluasi dari hasil PON XX/2021 di Papua. Kami, bersama semua stakeholder dapat segera mempersiapkan atlet cabang olahraga menuju PON XXI/2024 serta menuju 'Pentas Dunia'," terang hidayat.

Berita Terkait : Jadi Pelatih Terbaik Inggris, Klopp: Ini Penghormatan Di Musim Yang Gila

Menurut Hidayat, Apel Pelatda kali ini memiliki sisi strategis yang sangat penting untuk menyatukan Visi dan Misi pembinaan prestasi ke depan. 

"Dalam kesempatan ini, saya laporkan kepada Pak Gubernur bahwa KONI DKI Jakarta pada Juli 2022 akan melaksanakan Pelatda berjumlah 939," ucapnya.

Dari 939 orang Pelatda terdiri dari 47 cabang olahraga dengan 59 disiplin. Dari jumlah tersebut, terdiri dari 159 orang pelatih lapis 1 dan lapis 2. Lalu, 101 orang asisten pelatih lapis 1 dan 2. Sedangkan jumlah atlet 679 orang dari Lapis 1 dan lapis 2.■